spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penumbang Bagikan Cerita Detik-detik Mencekam Pesawat Lion Air JT330 Alami Gangguan

JAKARTA – Gustria Kurnia Putri, seorang penumpang pesawat Lion Air JT330, membagikan cerita detik-detik mencekam pesawat yang ditumpanginya putar balik hingga akhirnya mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Pesawat tujuan Palembang itu putar balik karena mengalami gangguan mesin.

Dalam video yang dibagikan Gustria diktio dari detikcom, Rabu (26/10/2022), suasana di dalam kabin tampak gelap. Terdengar suara tangisan dan kepanikan.

Terdengar juga suara gemuruh mesin pesawat. Saat pesawat berhasil mendarat, para penumpang mengucap syukur lalu tepuk tangan. “Huh, deg-degan. Alhamdulillah,” kata Gustria dalam video tersebut. Gustria turut menunjukkan bukti boarding pass-nya sebagai penumpang Lion Air JT-330.

Saat turun dari pesawat, banyak petugas menggunakan rompi hijau sudah menunggu di landasan. Para petugas itu membantu melakukan evakuasi dan mengangkat barang bawaan penumpang turun dari pesawat. “Banyak banget, evakuasinya ramai di sini,” ujar Gustria.

Gustria mengaku mendengar suara ledakan saat pesawat lepas landas atau take off. “Tadi pas take off terdengar suara ledakan,” ucapnya. suara ledakan,” ucapnya.

Baca Juga:   Cerita Jokowi soal IKN: Warisan Sejak Era Bung Karno

Sayap Pesawat Keluarkan Api

Gustria menuturkan penumpang lainnya melihat sayap pesawat bagian kiri mengeluarkan api. Gustria mengatakan pesawat saat itu baru terbang selama 30 menit di udara.

“Selang 5 -10 menit ada penumpang yang sadar kalau pesawat sayap bagian kiri mengeluarkan api. Sekitar 30 menit kita di atas baru landing,” ujarnya.

Gustria menyampaikan, kondisi di dalam kabin sudah panas dan pengap. Dia mengatakan AC tidak terasa menyala. “Uap di dalam pesawat udah panas, AC-nya juga nggak berasa udah pengap,” imbuhnya.

Gustria sejatinya terbang menggunakan pesawat Citilink menuju Palembang dari Bandara Soekarno-Hatta. Namun Gustria ketinggalan pesawat hingga akhirnya terbang dengan Lion Air. Dia merasa bersyukur karena seluruh penumpang selamat.

Penumpang sudah diterbangkan dengan menggunakan pesawat Lion Air lainnya. Gustria mengabarkan dia sudah sampai di Palembang dan terbang dengan pesawat pengganti pukul 19.15 WIB.

LION MINTA MAAF

Sementara Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro lewat keterangan tertulisnya, Rabu (26/10), menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul.

Baca Juga:   BPOM RI Perbarui Daftar Obat Bahaya Tercemar EG, Inilah Daftarnya

Danang menuturkan pihaknya tidak mau berspekulasi mengenai peristiwa kecelakaan LIon AIr JT-330 tersebut dan menunggu instansi terkait dalam melakukan investigasi.

“Teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu,” katanya.

Dia mengatakan, Lion Air telah meminta kepada seluruh penumpang untuk menggunakan pesawat Lion Air lainnya untuk keberangkatan selanjutnya dan Lion AIr tengah menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku.

“Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB,” tutupnya. (detik/rik)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER