spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Otorita IKN Buka Peluang Investasi dan Kerja Sama dengan Delegasi Korea Selatan

NUSANTARA – Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengadakan pertemuan audiensi dengan perwakilan dari National Agency for Administrative City Construction (NAACC). Pertemuan ini bertujuan untuk menjajaki peluang kerja sama strategis antar kedua lembaga dalam rangka pembangunan dan pengelolaan Nusantara yang berkelanjutan dan modern.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Otorita IKN di Balikpapan pada Jumat (21/6/2024) ini dihadiri oleh Sekretaris Otorita IKN dan delegasi dari NAACC, yang membawa pejabat senior dan ahli di bidang konstruksi dan perencanaan kota dari dua badan usaha pemerintah Korea Selatan, Ciguarantee dan Korean Land & Housing Corporation (LH). Diskusi antara kedua belah pihak mencakup berbagai topik, termasuk inovasi dalam pembangunan infrastruktur, peluang tender investasi dari Korea Selatan, serta penerapan praktik-praktik berkelanjutan yang telah berhasil diterapkan oleh NAACC dalam pengelolaan kota-kota administrasi di Korea Selatan.

Sekretaris Jaka menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam mewujudkan visi Nusantara sebagai ibu kota baru yang hijau, cerdas, dan berkelanjutan. “Kerja sama dengan NAACC diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat pembangunan Nusantara sebagai pusat pemerintahan yang modern dan efisien, serta memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara,” ujar Jaka.

Baca Juga:   Sepertiga APBD PPU 2023 untuk Dinas PUPR, Rp 489 Miliar untuk 518 Proyek

Dia juga menambahkan kepastian investasi di Nusantara yang telah terjamin dengan payung hukum UU No. 21 tahun 2023 mengenai ibu kota negara.

(Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara)

Delegasi NAACC juga menyatakan antusiasmenya terhadap potensi kerja sama ini. Mereka melihat Nusantara sebagai proyek yang sangat menarik dan jumlah peluang yang terbuka lebar, serta berharap dapat berbagi pengalaman serta teknologi yang mereka miliki untuk mendukung kesuksesan proyek ini.

“Pembangunan Kota Sejong dibangun dengan semangat pemerataan pembangunan di Korea Selatan, sama seperti Nusantara untuk Indonesia. Kami (NAACC) ingin membagi pelajaran sukses dan peluang investasi dengan membawa dua perusahaan milik negara asal Korea Selatan, Ciguarantee dan LH,” kata Park Sang-Ok, Director General/Planning and Coordination Bureau NAACC.

(Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara)

Sebelumnya, delegasi dari KOICA (Korea International Cooperation Agency) juga melakukan kunjungan ke Kantor Otorita IKN Jakarta dan Nusantara pada 27 November 2023. KOICA dan NAACC merupakan dua badan pemerintah Korea Selatan yang bersama melakukan perencanaan dan membangun Kota Sejong yang merupakan ibu kota negara baru di Korea Selatan.

Baca Juga:   Diperiksa Polda Kaltim, Warga Desa Telemow Dituding Serobot Lahan Perusahaan

NAACC dan Otorita IKN juga sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan menandatangani kontrak hibah proyek pembangunan community center di Nusantara yang bernilai 20 Juta US Dollar.

Pertemuan ini merupakan langkah awal dari serangkaian diskusi lebih lanjut yang akan diadakan untuk merumuskan kerangka kerja sama yang konkret. Dengan adanya penjajakan kerja sama ini, diharapkan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara dapat berjalan lebih efisien dan inovatif, serta mampu menjadi contoh bagi pengembangan kota-kota baru lainnya di Indonesia dan dunia. (*Rls/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER