spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Abd Rahman Wahid: Pemkab PPU Perlu Singkronkan Kebutuhan Skill Masyarakat lewat Program BLK

PPU – Program-program Balai Latihan Kerja (BLK) dapat meningkatkan keterampilan dan kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM). Hal ini di ungkapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Rahman Wahid.

Anggota DPRD PPU, Abdul Rahman Wahid mengatakan bahwa kehadirannya BLK ini sangat dapat meningkatkan keterampilan serta daya saing yang kuat untuk masyarakat.

“Hadirnya BLK ini kan memiliki peran yang cukup penting dan sangat strategis dalam meningkatkan keterampilan serta daya saing masyarakat kita, ” ujarnya, Jumat (17/11/2023).

Lanjutnya Wahid, Ia menyampaikan jika BLK dapat bekerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah serta sektor swasta lainnya, Ia rasa ini akan perannya akan cukup sangat penting.

“Kerjasama antar lembaga ini akan memberikan efek yang luar biasa di masyarakat, terlebih lagi ini akan menjadi bentuk konsisten dalam menjalankan program-program yang sudah di silabuskan oleh BLK,” ungkapnya.

Peningkatan kemampuan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintahan saja. Akan tetapi harus adanya campur tangan dari lembaga-lembaga pelatihan lainnya.

Baca Juga:   PUSS di PPU Nihil Perubahan dari Hasil Perhitungan Sebelumnya

“Program yang sudah ada harus berkelanjutan, bukan hanya sekedar memberikan pelatihan akan tetapi kita harus tahu goals nya dimana dan akan sampai mana,” jelas Wahid.

Harapannya BLK dan Pemda dapat menjadi singkronisasi yang baik, agar terciptanya masyarakat yang mandiri serta mempunyai skil yang di butuhkan bagi para swasta di wilayah PPU khususnya.

“Ketika BLK memiliki program yang berjalan, kita hanya perlu memastikan apakah program pelatihan itu sesuai dengan kebutuhan industri maupun tempat kerja lokal yang ada. Harapannya, ketika selesai mengikuti pelatihan masyarakat kita dapat terserap atau lebih mudah mendapatkan pekerjaan, ” pungkasnya. (ADV/NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER