spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siap Sambut Tamu IKN, UMKM PPU Hadirkan Oleh-oleh khas Kaltim

PPU – Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, telah siap menyambut peradaban baru dari sisi produk unggulan lokal, yakni dengan menyiapkan oleh-oleh khas untuk tamu yang berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Semenjak Kabupaten PPU ditetapkan menjadi lokasi pindah IKN, tentu semua pihak harus siap menyongsong sesuai dengan bidang yang ditekuni, sehingga kami pun telah siap dengan berbagai produk sebagai oleh-oleh,” ujar Ketua Persatuan UMKM Kabupaten PPU Rizal Ramadhan di Penajam, Sabtu (11/5/2024)

Salah satu UMKM yang siap dengan suasana baru seiring dengan terus bertambahnya pengunjung akibat magnet IKN adalah UMKM De’Rusa, terletak di Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, PPU.

De’Rusa adalah salah satu UMKM yang telah menyiapkan berbagai jenis oleh-oleh bagi pengunjung IKN, mulai dari cemilan kering dari berbagai bahan pangan lokal, kue khas, minuman khas, hingga aneka aksesoris yang juga khas daerah.

Semua produk yang dijual adalah buatan dari masyarakat sekitar karena pengelola juga ingin memberdayakan masyarakat lokal. Soal kualitas dan rasa pun tidak kalah dengan produk dari luar, bahkan harga pun bersaing, termasuk kemasan pun tidak kalah dengan cemilan yang sering dijual di swalayan maupun toko cemilan.

Baca Juga:   Catatan oleh Achmad Fitriady : Latsitarda Nusantara Effect

Terbentuknya De’Rusa ini merupakan binaan dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka PPU, sehingga berkat pendampingan yang dilakukan secara berkelanjutan, maka pelaku produk berbagai jenis cemilan terus tetap bersemangat.

“Makanan yang dijual di sini sudah dikemas menggunakan peralatan yang modern, karena pengelola memang rajin mengikuti kemajuan zaman. Bahkan produk yang dijual sudah bersertifikat halal dari BPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI),” ujar Rizal.

Sebelumnya, saat menyambut kunjungan rombongan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim yang memboyong sejumlah wartawan dan para kreator ke De’Rusa pada Jumat (10/5/2024), ia berharap kunjungan ini bisa membawa berkah ke depan, seiring dengan dilakukan publikasi lewat media massa maupun media sosial masing-masing peserta rombongan.

“Kedatangan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim bersama peserta Familiarization Trip (Famtrip) Paradise of The East dari berbagai media ini tentu akan berdampak positif bagi perkembangan UMKM lokal, karena masing-masing media bisa berpromosi, apalagi kualitas hingga rasa produk lokal yang tidak kalah dengan produksi luar daerah,” katanya. (ANT/MK)

Baca Juga:   Disdikpora PPU Buka Penjaringan JPD, Cari Pemuda Berwawasan Seni dan Budaya

Pewarta : M.Ghofar
Editor : Ahmad Buchori

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER