spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Raup Muin Minta Pemkab PPU Serius Atasi Kerusakan Lingkungan di Sungai Tunan

PPU – Kasus pencemaran lingkungan yang terjadi di Sungai Tunan, Kelurahan Petung, mendapat sorotan serius dari DPRD PPU. Wakil Ketua I DPRD PPU, Raup Muin menegaskan dampak negatif dari pencemaran tersebut yang mengakibatkan kematian ikan dan potensi bahaya bagi lingkungan serta kesehatan masyarakat setempat.

“Yang pasti, dengan adanya pencemaran seperti itu akan ada ikan-ikan yang mati dan pasti ada suatu hal yang terjadi. Bahkan, info yang terahir didapat, pemerintah belum bisa mengambil sebuah kesimpulan,” ujarnya, Rabu (15/5/2024).

Raup juga menyoroti lambannya tanggapan pemerintah dalam menangani kasus ini. Menurutnya, dalam waktu dua hingga tiga hari sejak kasus terjadi, pemerintah seharusnya telah mendapatkan informasi yang memadai untuk mengetahui penyebab dan sumber pencemaran.

“Kalau pencemaran, dicari tahu pencemarannya dari mana atau kalau ada perubahan tanah yang memiliki kadar asam tinggi atau seperti apa itukan mestinya dicari tahu,” tambahnya.

Raup menegaskan bahwa, pemerintah tidak boleh tinggal diam terhadap masalah ini. Tanggapan yang cepat dan responsif diperlukan untuk menjaga kesehatan masyarakat dan melindungi lingkungan.

Baca Juga:   Pj Bupati PPU Tangkap Basah Oknum Diduga Pengetab BBM Ilegal

Sebagai langkah konkret, DPRD PPU berencana untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau hearing pada minggu depan guna menginvestigasi lebih lanjut kasus pencemaran ini serta menyusun langkah-langkah penanggulangannya.

“Pemerintah harus menunjukkan kesriusan dalam mengidentifikasi sumber pencemaran dan memastikan tindakan yang tepat diambil untuk mengatasinya,” pungkas Raup. (ADV/*SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER