spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TNI/Polri Siapkan 1.000 Personel Amankan Kedatangan Jokowi ke IKN

PPU – Sebanyak 1.000 personel gabungan dikerahkan dalam pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Orang nomor satu RI itu diagendakan datang pada Jumat 24 Februari 2023 nanti. Agendanya ialah memantau progres pembangunan tahap pertama infrastruktur IKN.

Dalam persiapannya, apel gelar pasukan dilaksanakan di lapangan Taruna Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku, Selasa (21/2/2023). Dipimpin Karo Ops Polda Kaltim Komisaris Besar Pol F Barung Mangera. Turut hadir Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi, Dandim 0904/Tng Letkol Inf Ary Susetyo, dan Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan.

“Kita bukan kali ini saja melakukan kegiatan PAM VVIP, sudah berkali-kali dilaksanakan. Karena itu Kita harus siap dan mewaspadai setiap perkembangan situasi yang ada di sektor masing-masing,” tegasnya.

Kesiapan terbagi menjadi dua satuan tugas (satgas), yakni wilayah Kota Balikpapan dan Kabupaten PPU. Jokowi rencana tiba di Balikpapan pada Rabu 22 Februari 2023 yang dilanjutkan esok harinya kunjungan kerja ke IKN pada 23 hingga 24 Februari 2023.

Baca Juga:   Sandra Puspa Dewi Pimpin Partai Kebangkitan Nusantara PPU

“Ini yang membuat personel pengamanan akan disebar ke sejumlah titik kunjungan Presiden tersebut,” kata Barung.

Sementara itu, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi mengingatkan seluruh personel pengamanan agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Karena pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap obyek yang diamankan.

“Saya juga minta agar seluruh personel yang terlibat pengamanan harus benar-benar mengerti tugas dan tanggung jawabnya,” tegasnya.

Ia berharap, pada masyarakat PPU khususnya yang ada Sepaku dalam membantu kondusifitas. Selain mendukung pembangunan IKN, juga untuk berpartisipasi dalam menyambut kunjungan kerja Presiden RI.

“Marilah kita secara bersama-sama menciptakan rasa aman dan tenteram, sehingga tujuan akhir pembangunan IKN Nusantara terwujud serta dapat menyejahterakan masyarakat,” ujar Arfan.

Seperti dikabarkan sebelumnya oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Presiden Jokowi rencana mengadakan kunjungan kerja ke IKN pada 22-23 Februari 2023 ini. Lokasi yang didatangi di antaranya Subsatgas Hunian Pekerja, Tapak Menteri, Menara Pandang, Masjid KIPP, Rute Gerbang Tol ke Mentawir, Helipad PT IHM, Walakir Wilayah PPU, serta Subsatgas Intel.

Baca Juga:   Satlantas Polres PPU Siap Beri Sanksi Pelaku Balap Liar

“Dalam kunjungan tersebut Pak Presiden juga mengajak seluruh investor ke bakal ibu kota baru Indonesia tersebut,” demikiannya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER