spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Duta Wisata 2023 PPU Terpilih, Siap Promosikan Serambi Nusantara

PPU – Agus Santoso dan Nur Diana Amiati terpilih sebagai Duta Wisata Penajam Paser Utara 2023. Dalam setahun ke depan, mereka diberikan mandat untuk membawa wajah kepariwisataan daerah Serambi Nusantara.

Ajang Pemilihan Duta Wisata dan Puteri Pariwisata Benuo Taka PPU 2023 digelar sejak 5 Juni dan Grand Final pada 5 Agustus 2023. Di malam puncak yang digelar di Pantai Istana Amal itu, dewan juri menilai wawasan para finalis soal pengetahuan dan kemampuan keduanya dari seluruh 20 calon duta wisata 2023.

Mulai mengenai pariwisata, ekonomi kreatif, pengetahuan umum, kebudayaan, kepribadian serta pertunjukan. Selain Agus dan Diana, Alika Zahra, didapuk menjadi Puteri Pariwisata 2023.

Kepala Disbudpar PPU Andi Israwati Latief mengatakan, melalui event ini ujung tombak promosi pariwisata dilahirkan. Memiliki peranan penting dalam pertumbuhan serta pembangunan di Benuo Taka.

Mulai dari memperkenalkan destinasi wisata, seni budaya, adat istiadat kepada masyarakat luar sehingga bisa dikenal oleh khalayak umum.

“Mereka mempunyai peranan penting untuk mempromosikan sektor pariwisata, seni, budaya serta pesona alam yang ada di PPU. Bukan hanya keduanya, tapi seluruh duta yang terpilih di bidangnya masing-masing,” ucapnya, Minggu (6/5/2023).

Baca Juga:   Komisi I DPRD PPU Harap Pemberian Bonus Tenaga Kebersihan Segera Direalisasikan

Tak hanya itu, mulai saat ini pula mereka bertugas untuk berperan aktif membantu program pemerintah daerah. Melanjutkan masa duta dan puteri pariwisata periode sebelumnya.

Disebutkannya, ajang ini digelarĀ  sebagai sumber inspirasi dan motivasi generasi muda untuk melestarikan budaya dan mengenalkan serta mempromosikan potensi wisata. Mengingat pula saat ini PPU sedang menjadi sorotan banyak pihak, dalam dan luar negeri, karena rencana pindahnya Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Mereka nanti memiliki peran untuk di beritahukan kepada seluruh pengunjung wisatawan asing maupun lokal,” sebut Israwati.

Seorang duta wisata tidak hanya punya kelebihan secara fisik dan kepribadian yang baik saja. Tetapi juga pemahaman, kepekaan, dan kecakapan dalam menyikapi situasi yang ada di sekitarnya. Hal ini merupakan bekal bagi duta wisata dalam menggali potensi wisata dan mempromosikan wisata-wisata yang ada di PPU.

“Dan diharapkan dapat menjadi bagian terdepan dalam memperkenalkan seni, budaya dan pariwisata. Serta membantu pemerintah untuk mengenalkan wisata yang ada di PPU ke pada seluruh wisatawan mengingat PPU adalah Serambi Nusantara IKN,” pungkasnya. (SBK)

Baca Juga:   Sambung Silaturahmi, Otorita IKN Gandeng BNI Gelar Buka Puasa Bersama Masyarakat di Sepaku
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER