spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tabligh Akbar UAS Pindah Lokasi, Ada Kekecewaan Warga Petung

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) merubah lokasi tabligh akbar Ustaz Abdul Somad (UAS). Pelaksanaan Peringatan Tahun Baru Islam yang semula berlokasikan di Masjid Al-Falah Petung dan berpindah di Masjid Al-Ikhlas Nipah-Nipah (Islamic Center).

Saat dikonfirmasi atas berpindahnya lokasi tabligh akbar tersebut Lurah Petung, Achmad Fitriady belum bisa berkomentar banyak. Ia mengakui belum mendapatkan informasi resmi terkait perpindahan lokasi tersebut.

Meski begitu, ia memastikan keputusan itu bukan tanpa alasan. Namun karena ada alasan yang mengharuskan pelaksanaan yang telah dipersiapkan sejak beberapa bulan lalu bersama pihaknya ini dipindahkan.

“Kami hanya menerima apa yang menjadi keputusan Pemerintah pada penentuan lokasi tabligh akbar yang mendatangkan UAS. Kami juga belum mendapatkan perihal apa yang menjadi pertimbangan Pemkab PPU, kalau dilihat dari segi lokasi mungkin saja ada ketakutan dari pihak Pemkab PPU akan membludaknya jamaah yang berdatangan,” ujarnya yang akrab disapa Ady, Rabu (26/7/2023).

Untuk diketahui, alasan pemindahan lokasi ini berkaitan dengan potensi gangguan ketertiban umum. Diantaranya oalah lokasi penyelenggaraan di Petung yang terlalu dekat dengan jalur lalulintas Jalan Provinsi.

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU Siaga Tangani Laporan Kekerasan Perempuan dan Anak

Kemudian juga tempat tersebut dekat dengan fasilitas umum (fasum) Pasar Petung yang pada hari yang sama juga terjadwal kegiatan pasar mingguan. Yang sudah dipastikan akan memakai tempat parkir di sekitar masjid Al-Falah.

Selain itu juga mempertimbangkan ketidakadaan area luas yang cukup untuk menampung kenadaraan jemaah yang akan hadir. Oleh karena itu, hal ini dinilai akan membuat jalan raya dan lingkungan menjadi tempat parkir dadakan yang akan mengakibatkan kemacetan.

Lebih lanjut, Ady mengungkapkan pindah lokasi pelaksanaan ini tentunya menimbulkan kekecewaan. Pasalnya, pelaksaan tabligh akbar di Petung tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat sekitar lokasi. Khususnya para pelaku UMKM, maupun dari segi ekonominya.

“Pastinya ada kekecewaan masyarakat terhadap berpindahnya lokasi tersebut, akan tetapi Kami dari pihak kelurahan tidak bisa berbuat apa-apa atas keputusan yang sudah ditentukan Pemkab PPU, dan Kamis nanti pihak Pemkab PPU akan mengadakan rapat lanjutan terhadap tabligh akbar tersebut. Kita akan tahu apa yang menjadi alasanya,” pungkasnya. (NRD)

Baca Juga:   Retribusi Terutang Pengelola Pasar Petung Capai Ratusan Juta
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER