spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pos Polisi Militer Naik Status, Subden POM VI/1-4 Resmi Berkantor di PPU

PENAJAM – Pos Polisi Militer Penajam Paser Utara (PPU) berubah status menjadi Sub Datasemen Polisi Militer (Denpom). Peningkatan status ini diberikan sebagai salah satu upaya untuk mendukung pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Danpomdam VI Mulawarman, Kolonel Cpm Johny PJ Pelupessy menuturkan tugas pengawasan terhadap proses pemindahan IKN diperlukan. Maka dari itu, perlu peningkatan kapasitas status sebagai prosedural peningkatan tugas dan tanggung jawab para personel.

“Pos pom itu yang tugasnya terbatas. Sekarang Kita tingkatkan menjadi sub Denpom untuk meningkatkan tugas,” ungkapnya Rabu (11/1/2023).

Salah satu contohnya, kunjungan tamu VVIP ke lokasi Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN semakin masif. Jadi, koordinasi untuk penyediaan operasional kini bisa langsung dengan Sub Denpom ini. “Jadi tidak lagi semua dikendalikan oleh Pomdam VI Mulawarman di Balikpapan,” sebutnya.

Seiring dengan peningkatan status satuan, Johny menegaskan ke depan juga akan dilakukan penambahan jumlah personel yang proporsional pula. Idealnya dengan status Sub Denpom, setidaknya harus ada 19 orang.

Baca Juga:   Komunitas Vespa PPU Dirikan Rest Area PSB Ke-17

“Saat ini jumlah personel yang ada, baru enam orang. Nanti kedepan akan kita tingkatkan, karena tipenya ini tipe A harusnya jumlahnya personil itu 19 orang,” terangnya.

Sementara itu, Bupati PPU Hamdam Pongrewa yang juga hadir dalam peresmian peningkatan status itu, memberikan dukungan dengan adanya peningkatan status satuan ini. Dipastikan Pemkab PPU akan membantu agar tugas personel bisa optimal, misalnya dari sisi operasional dan lainnya.

Peresmian perubahan status pos polisi militer PPU.

“Pemerintah daerah tentu akan terus bersinergi. Nanti terkait dengan dukungan, misalnya untuk membantu memperlancar tugas teman-teman disini,” ujarnya.

Untuk pula, peningkatan status satuan polisi militer ini, juga menjadikan wilayah kerja meluas. Tidak hanya di wilayah PPU, namun juga meluas sampai ke Kabupaten Paser.

Tidak hanya itu, ia juga mengakui bahwa jika dipandang perlu, pihaknya juga akan membantu untuk peningkatan gedung yang saat ini menjadi Pos Polisi Militer di PPU. “Termasuk bangunan kalau perlu ditambahi ya kita akan tambahi, apalagi jika personil sudah semakin banyak,” pungkasnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER