spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Petani di PPU Terima Alsintan untuk Tingkatkan Produktivitas

PPU – Petani di Penajam Paser Utara (PPU) kembali menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Dengan adanya bantuan ini, para petani dituntut untuk meningkatkan produktivitas.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati PPU Hamdam Pongrewa, Selasa (5/6/2023). Alsintan berupa cultivator diberikan kepada beberapa kelompok tani (poktan) yang ada di Benuo Taka.

“Maka dari itu saya tidak mau lagi masyarakat PPU ini masih kekurangan sayur. Jadi intinya dengan adanya bantuan alsintan ini, diharapkan ada peningkatan produktivitas hasil pertanian kita,” ucapnya.

Selain alsintan, Hamdan juga menyerahkan bantuan pupuk anti-asam dan pupuk hayati cair. Penyerahan dalam program Dinas Pertanain (Distan) PPU ini dilaksanakan di Balai Pertanian Petung (BPP).

Hamdam menjelaskan, diberikan berbagai bantuan tersebut merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah daerah kepada para petani yang ada di PPU. Hal ini juga dianggap sebagai solusi dari beberapa masalah yang kerap diungkapkan para petani.

Maka dari itu, menurutnya wajar jika Pemkab PPU meminta ada peningkatan produktivitas dari sektor pertanian. Ke depannya, petani juga diminta untuk terus berkembang, tidak hanya untuk mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang bakal bertambah.

Baca Juga:   Jalur Kereta Pertama IKN Dibangun Setelah 2025

“Apalagi dengan hadirnya Ibu kota Negara (IKN), dapat dipastikan jumlah penduduk di daerah bakal terus meningkat. Sehingga kebutuhan panganpun khususnya yang dihasilkan oleh petani daerah diharapkan dapat meningkat,” ungkapnya.

Hamdam turut menyampaikan bahwa bantuan ini belum sepenuhnya menjawab semua permasalahan petani. Namin begitu, ia berharap ‘minimal’ ada perhatian pemerintah daerah untuk kemajuan pertanian yang ada di PPU.

“Jadi penyerahan bantuan pertanian pada hari ini merupakan salah satu janji pemerintah daerah kepada bapak-ibu sekalian, dalam rangka peningkatan hasil pertanian di Kabupaten PPU. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas yang telah diberikan ini untuk meningkatkan hasil pertanian bapak-ibu.  Kemudian bagi petani yang belum bisa menerima bantuan pada hari ini kami mohon untuk bersabar, insya Allah pemda PPU akan terus peduli kepada para pahlawan pangan nya,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Distan PPU, Rozihan Asward mengatakan penyerahan bantuan tersebut masuk dalam program peningkatan produksi. Bantuan yang bersumber dari APBD PPU ini diberikan pada poktan dengan masing-masing terdiri dari 35 unit cultivator, 9,4 ton pupuk anti asam dan 26.410 lliter  pupuk hayati cair.

Baca Juga:   Polling Logo ‘Serambi Nusantara’, Pemkab PPU Sebar 15 Ribu Kupon Berhadiah Sepeda Listrik

Bantuan kali ini juga melanjutkan bantuan sebelumnya yang bersumber dari APBD I Pemprov Kaltim. Yang mana pada waktu itu masing-masing poktan menerima 14 unit traktor roda dua jenis singkal, 11 unit traktor roda dua jenis  rotary, 1 unit combine harvester, 3 unit cultivator dan 1 unit sprinkle.

“Kami juga masih menunggu bantuan lainnya berasal dari APBN yang saat ini masih dalam proses antara lain 3 unit uppo, 2 unit RJIT, 2  unit jalan usaha tani dan sejumlah Alsintan seperti traktor roda dua, traktor roda empat dan dryer,” tutupnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER