spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pencairan ADD Paling Besar Sumbang Serapan APBD PPU 2023

PPU – Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Penajam Paser Utara (PPU) meningkat di awal semester kedua 2023. Meski dinilai belum ideal, peningkatan serapan anggaran ini dinilai positif.

Catatan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) PPU di awal Juli saat ini telah mencapau 42 persen. Kepala BKAD PPU, Muhajir menjelaskan dari total APBD 2023 PPU yang disahkan Rp 1,9 triliun anggaran telah terserap sekira Rp 798 miliar.

“Realisasi kita saat ini sudah di angka 42 persen,” ungkapnya saat di temui di Kantor Bupati PPU, Selasa (11/7/2023).

Seperti diketahui sebelumnya, serapan anggaran APBD PPU pada 2023 ini cenderung lambat. Pasalnya, hingga memasuki akhir semester pertama ini, catatan realisasi anggaran baru mencapai 13 persen.

Muhajir menjelaskan bahwa 42 persen yang terserap itu berasal dari belanja rutin. Kemudian yang terbesar selanjutnya ialah dari penyaluran Anggaran Dana Desa (ADD).

Disebutkan ada beberapa permasalahan yang ia temui di lapangan. Salah satunya ditengarai  realisasi belanja fisik atau belanja infrastruktur yang belum maksimal.

Baca Juga:   Daging Ayam di PPU Langka, Harganya Ikut Naik

“Hingga saat ini yang terserap masih terbilang rendah. Kalau proyek fisik belum, ini baru belanja rutin,” sebutnya.

Terhitung, baru sekira 10 persen belanja fisik yang terealisasi. Padahal alokasinya cukup besar yaitu mencapai sekira Rp 500 miliar.

“Untuk proyek fisik ini, anggarannya belum terserap maksimal, lantaran tagihan belum dimasukkan oleh kontraktor,” jelas Muhajir.

Hal ini sejatinya lumrah saja bila melihat dari sudut pandang kontraktor. Dari keterangan yang disimpulkan Muhajir, biasanya tagihan itu baru dilakukan saat pekerjaan sudah mencapai 50 hingga 70 persen.

“Kebanyakan, proyek pembangunan itu yang dicairkan baru 20 persen. Uang muka saja,” ungkapnya.

Meski baru terserap sekitar 42 persen, Muhajir optimis seluruh anggaran bisa terserap maksimal. Pun progresnya saat ini keuangan daerah berjalan baik, yang dirasa hingga memasuki tahun anggaran selanjutnya.

“Saya kira progres saat ini berjalan saja dan sudah cukup baik,” tutup Muhajir. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER