spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Susun 5 Prioritas Pembangunan di 2024, Fokus Bangun Serambi Nusantara

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai tahap Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 mendatang. Hasilnya didapatkan 5 prioritas pembangunan daerah.

Sekkab Tohar membuka FKP RKPD 2024 di Aula Lantai 3 Kantor Bupati PPU, Kamis (2/3/2023). Didamping oleh Asisten III Setkab PPU Bidang Administrasi Umum Ahmad Usman, Kepala Bapelitbang PPU Fatmawati serta Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah di Bapelitbang PPU Ade Rianto Embongbulan.

“FKP RKPD ini dilaksanakan guna menyerap saran, usulan serta masukan dalam rancangan RKPD Tahun 2024 kedepannya,” ungkap Tohar.

Dijelaskannya, saran dan masukan dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab PPU akan menjadi penyempurna dari rancangan RKPD ini. Khususnya dalam pembanguan di 2024 mendatang.

Dasar penyusunan RKPD ini mengacu pada isu strategis. Seperti peningkatan pemerataan kesejahteraan sosial yang adil dan inklusif, peningkatan pelayanan infrastruktur, demi kesejahteraan masyarakat.

Tohar menyebutkan beberapa prioritas pembangunan daerah yang akan dilakukan tahun depan. Pertama peningkatan kualitas SDM serta pemerataan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga:   Puluhan Mahasiswa UGM Laksanakan KKN-PPM di Desa Babulu Darat dan Babulu Laut

Kedua, eningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan potensi ekonomi strategis berbasis kerakyatan. Kemudian stabilitas keamanan dan ketertiban umum.

Keempat penguatan infrastruktur pelayanan publik yang berwawasan lingkungan. Serta terakhir penguatan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi.

“Pertimbangan kelima hal itu menjadi prioritas lantaran sesuai dengan kondisi kewilayahan di Kalimantan Timur, dan termasuk dalam kondisi terkini di daerah,” ungkapnya.

Selanjutnya, tegas Tohat, prioritas pembangunan yang akan dilakukan nanti, akan terus dilakukan sinkronisasi dengan OPD terkait. Hal ini juga sebagai bentuk snergitas dalam mewujudkan rencana khusus Pemkab PPU menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dianggap perlu memberikan perhatian terlebih karena juga untuk menggali potensi PPU menjadi Serambi Nusantara,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER