spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Siapkan 3 Logo ‘Serambi Nusantara’, Masyarakat Diminta Memilih

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) tengah mempersiapkan peluncuran logo ‘Serambi Nusantara’. Nantinya akan ada 3 logo identitas daerah yang dapat dipilih oleh masyarakat secara langsung.

Seolah yak mau kalah dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), Pemkab PPU juga mempersiapkan logo khusus sebagai wajah daerah penyangga ibu kota negara baru. Sebelumnya, city branding ‘Serambi Nusantara’ disepakati sebagai langkah persiapan diri mengahadapi perubahan di masa mendatang.

“Serambi Nusantara ini sebagai persiapan Kita atas hadirnya IKN Nusantara di wilayah Kabupaten PPU. Melalui city branding atau merk kota yang menjadi slogan atau logo ciri khas suatu wilayah sehingga dapat dikenal secara luas,” kata Bupati PPU, Hamdam Pongrewa, Senin (29/5/2023).

Adapun dalam mempersiapkan logo ini, pihaknya menggandeng Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan untuk terlibat secara langsung. Pun kini telah sampai pada tahap pengenalan logo yang mengangkat berbagai makna dan filosofi yang berciri khas daerah berjuluk Benuo Taka ini.

“Sudah beberapa kali pertemuan, ini merupakan salah satu keseriusan dalam upaya dan strategi memunculkan identitas daerah dengan adanya IKN di Kaltim, tepatnya di PPU,” jelas Hamdam.

Baca Juga:   Polres, Kodim dan Kejari PPU Gelar Bazar Ramadan PPU, Belanja UMKM Berkah Ramadan

Dalam prosesnya, Tim ITK Balikpapan memperkenalkan 4 logo Serambi Nusantara. Kemudian Pemkab PPU  melakukan survei yang kemudian dipilihlah 3 logo.

“Terkait dengan logo branding dari tiga pilihan ini, saya rasa pilihan tim city branding dan teman-teman semua sudah sangat sesuai. Apa yang tampak dan diilustrasikan sesuai harapan Kabupaten PPU dimasa yang akan datang serta memiliki daya jual,” ucap Hamdam.

Nantinya, sambungnya, akan ada 3 logo yang akan diperkenalkan ke publik. Dalam proses penentuan logo mana yang akan digunakan, peras serta masyarakat PPU sangat dibutuhkan.

“Nanti akan dipilih (vote) oleh seluruh masyarakat PPU. Sehingga hasil poling terbanyak dalam penentuan city branding Kabupaten PPU ini akan kita patenkan dan dapat digunakan diberbagai kegiatan maupun program termasuk menjadi identitas daerah dalam menyongsong IKN Nusantara,” lanjutnya.

Untuk diketahui, langkah awal yang dilakukan Pemkab PPU ialah menyosialisasikan Serambi Nusantara secara resmi. Komplit dengan berbagai tujuan, makna, filosofi dan harapan yang lebih baik di masa mendatang.

Tentunya hal ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab PPU menjadi penyangga pusat negara yang baru. Pun hal ini merupakan langkah yang harus dilaksanakan, terlebih dahulu dalam mendukung berbagai rencana ke depan.

Baca Juga:   Capaian Pajak PPU 2022 Lampaui Target, Bupati Apresiasi Bapenda

“Ini menjadi keseriuasan Pemkab PPU menuju Serambi Nusantara. Sehingga masing-masing di organisasi perangkat daerah (OPD) bisa memulai dengan merumuskan program-program yang relevan dengan Serambi Nusantara,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER