spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Buka Beasiswa Kuliah di STT Migas dan PIP

PPU – Kabar gembira bagi warga Penajam Paser Utara (PPU), khususnya kaum Milenial dan Generasi Z. Sebab Pemkab PPU membuka beasiswa untuk yang ingin kuliah di Balikpapan pada Sekolah Tinggi Teknologi Mingas (STT Migas) dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP).

Pemkab PPU baru saja menjalin kerjasama STT Migas Balikpapan serta PIP Balikpapan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) lokal. Hal ini sebagai upaya pemerintah daerah menyonsong pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menjadi Serambi Nusantara.

“Masyarakat Kabupaten PPU kini tidak perlu bingung untuk melanjutkan pendidikan bagi putra-putrinya merupakan Milenial dan Generasi Z, karena Pemkab PPU telah bekerjasama dengan STT Migas dan PIP Balikpapan melalui jalur afirmasi khususnya beasiswa,” ujar Bupati PPU, Hamdam saat menerima audiensi bersama Yayasan STT Migas Balikpapan serta PIP Balikpapan di Kantor Bupati PPU, Kamis (22/6/2023).

Hadir langsung dalam pertemuan ini Ketua Yayasan sekaligus Direktur PIP Balikpapan, Lauhil Machfudz, Ketua STT Migas Balikpapan, M. Lukman serta jajarannya. Dihadapan mereka, Hamdam menjelaskan, pendidikan memang sudah menjadi komitmen Pemkab PPU di berbagai bidang.

Baca Juga:   Komisi II DPRD PPU Minta Pembangunan Puskesmas Babulu Dilanjutkan

Utamanya di kedua bidang yang spesifik berada di dua kampus ini. Mengingat PPU memang memiliki wilayah laut sangat luas, tentunya harus didukung dengan SDM yang mumpuni dan profesional di bidangnya untuk mengelola itu.

“Ini adalah tawaran yang menarik untuk di jajaki kerja sama, dalam rangka bagaimana memberikan tempat bagi putra-putri kita di Kabupaten PPU yang memang ingin berprofesi sebagai pelaut atau di sektor kemaritiman,” kata Hamdam.

Diakuinya, dengan tawaran dari yayasan STT Migas maupun PIP Balikpapan itu, maka sekarang para orang tua di PPU tidak perlu lagi harus menguliahkan anaknya ke luar Kaltim. Karena, kampus ini telah diakui dan memiliki dosen-dosen berkompeten sesuai kapasitas dibidangnya.

Selain itu, sambungnya, gedung dan fasilitas sekolah yang dimiliki pun sudah sangat baik, sehingga untuk mendapatkan pendidikan yang baik tentunya yayasan ini sudah pasti menyiapkan semua itu.

“Kita juga bersyukur sekali, bahwa dari pihak yayasan ada tawaran menarik untuk masyarakat PPU melalui ruang kerja sama ini,” tuturnya.

Baca Juga:   Ramai Partisipasi Milenial PPU Daftar Bacaleg, Yakinkan Beri Warna Pileg 2024

Bahkan, lanjut Hamdam, pihaknya juga bersedia memberikan kesempatan berupa beasiswa bagi mereka-mereka yang kurang mampu maupun mereka-mereka yang berprestasi nantinya akan ada beasiswa dari pemda PPU.

“Kerja sama ini juga dilakukan dalam rangka peningkatan SDM PPU, tentunya disiapkan untuk mengisi Serambinya Ibu Kota Nusantara (IKN) di kabupaten ini nantinya,” sebutnya.

Pada kesempatan sama, Lauhil Machfudz mengungkapkan, kabupaten PPU memiliki potensi maritim kelautan yang sangat luar biasa.  Oleh karenanya, kedepan pihaknya bersedia memberikan kontribusi dan mendidik SDM lokal sehingga nanti bisa menjadi profesional maritim.

Hari ini, di Kaltim juga ada sekolah unggulan. Ia berharap Kabupaten PPU yang sebenarnya punya potensi maritim kelautan sangat luar biasa, kedepannya bisa didominasi oleh putra-putri daerah.

“Oleh karena itu, kami bersedia memberikan kontribusi dan mendidik SDM lokal sehingga bisa menjadi profesional maritim yang siap bekerja, itulah visi misi kami,” tegasnya.

Dikatakan Lauhil, pihaknya juga berharap bisa menjadikan anak-anak kabupaten PPU memiliki ilmu di bidang energi dan bisa berkontribusi nyata bagi daerah, dengan mengenyam pendidikan ditempatnya.

Baca Juga:   DKP PPU Lakukan Antisipasi Kelangkaan Bapokting Selama Ramadan

Untuk diketahui, urainya, tahun ini STT Migas Balikpapan akan menerima mahasiswa baru tahun Akademik 2023/2024, program studi D3 Teknik Instrumentasi dan Elektronika Migas, D3 Teknik Pengelolaan Migas, S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Perminyakan.

Selain itu, pihaknya juga memberikan peluang beasiswa diantaranya PBUD Akademik non Akademik dan kerjasama. Kemudian Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), beasiswa pemerintah Daerah, beasiswa perusahaan dan beasiswa lainnya dengan link pendaftaran http://pmb.migas.ac.id atau dapat berkoordinasi di Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab PPU

“Kami menawarkan kepada bapak bupati, agar masyarakat lokal bisa sekolah di tempat kami dengan MoU kerjasama, sehingga kedepannya orang lokal tidak ketinggalan dalam hal kemaritiman maupun energi,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER