spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Panen Raya Desa Bangun Mulya, Pj Bupati Ingin Lahan Persawahan PPU Dimaksimalkan

PPU – Penjabat (PJ) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menghadiri panen raya padi rawa milik Kelompok Tani (Poktan) Sido Makmur yang di Desa Bangun Mulya Waru. Panen raya ini dilaksanakan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kolaborasi dengan Dinas Pertanian PPU yang melibatkan puluhan petani di wilayah tersebut.

Pada sambutannya Makmur Marbun, mengatakan bahwa masih ada lebih kurang 15 ribu hektare lahan pertanian tersebar di PPU tidak bisa dikelola dengan maksimal karena keterbatasan pengairan yang ada. Lanjutnya, bahwa dirinya tidak berhenti memperjuangkan itu hingga ke pemerintah pusat agar PPU memperoleh bantuan dalam rangka peningkatan sektor pertanian baik berupa pupuk maupun alat mesin pertanian lainnya.

”Saya telah menyampaikan persoalan irigasi ini khususnya terkait bendung Talake di Kecamatan Babulu kepada Menteri. Alhamdulillah pak menteri merespon itu, jadi kita tunggu saja kelanjutannya,” ujarnya, Sabtu (11/11/2023).

Bukan hanya sekedar memanen, akan tetapi Pj Bupati mendengarkan bagaimana prosesnya mulai dari persemaian sampai dengan menanam padi hingga perawatan menuju panen yang disampaikan oleh petani setempat.

Baca Juga:   Bijak Ilhamdani; Komunikasi jadi Kunci Penyelesaian Masalah Lahan antara Pemerintah dan Masyarakat

”Makanya Saya harus mendengar prosesnya seperti apa memulainya sampai dengan proses memanennnya, agar hal ini dapat pula Kami sampaikan kebutuhan apa saja yang di inginkan para petani,” ungkapnya.

Mengingat pemindahan IKN di PPU, akan ada ratusan serta ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan berpindah di lokasi IKN, pastinya PPU wajib berkontribusi sebagai penyandang pangan bukan malah menjadi penonton akhirnya.
“Lahan Pertanian Kita harus maksimal sehingga hasilnya pun mampu memenuhi kebutuhan daerah dan menyokong kebutuhan IKN nantinya, jangan sampai Kita tuan rumah sebagai penonton saja,” tutupnya. (ADV/H6/NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER