spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kabupaten Penajam Paser Utara Menuju Serambi Nusantara

Catatan oleh Staf Humas Setkab PPU: Subur Priono

Gagasan untuk menjadikan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagai “Serambi Nusantara” Ibu Kota Nusantara (IKN) muncul dari Bupati PPU, H. Hamdam sejak tahapan pembangunan pusat pemerintahan Republik Indonesia di kecamatan Sepaku, kabupaten PPU ini mencuat ke publik beberapa waktu lalu.

Selanjutnya pemkab PPU mulai merancang slogan kota atau city branding nya dengan sebutan serambi nusantara yang menggandeng Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan. Gagasan serambi nusantara ini diharapkan mampu menjadi ciri khas tanah Benuo Taka nantinya. Didukung data-data yang valid, alasan-alasan yang esenebel diharapkan mampu menjadikan gagasan ini memperoleh respons positif dari pemerintah otorita IKN.

Konsepnya, dengan adanya serambi nusantara diharapkan kabupaten PPU dapat menjadi halaman depan dari IKN nusantara. Artinya kabupaten PPU diharapkan mampu menjadi pusat interest atau pusat perhatian. Kemudian bagi daerah, segala proses pembangunan di IKN nusantara nantinya dapat mendukung bagi kesuksesan pembangunan di kabupaten PPU. Dapat dikatakan juga bahwa serambi nusantara dirancang memang untuk city branding nya kabupaten PPU sebagai identitas kota yang dapat memasarkan segala aktivitas kegiatan, sarana, serta budaya yang ada di kabupaten PPU.

Baca Juga:   Tugaskan Personel di Wilayah Terbawahm Polres PPU Launching Polisi RW

Gagasan ini juga selalu di sampaikan oleh bupati PPU dalam setiap kesempatan. Harapannya seluruh masyarakat kabupaten PPU dapat menyatukan persepsi dan memberikan dukungannya demi terwujudnya kabupaten PPU sebagai serambi nusantara nya IKN.

“ Ya kita tidak mau lah jika PPU hanya menjadi penyangga, mitra, tetangga atau apalah namanya. Tetapi yang kita harapkan kabupaten PPU ini bisa menjadi serambinya IKN Nusantara,” kata Hamdam dalam setiap kesempatan.

Dia mengatakan bahwa dicanangkannya serambi nusantara salah satunya juga bertujuan untuk memberikan tekanan kepada semua yang terlibat dalam proses pembangunan IKN. Karena menurutnya lucu jika nantinya IKN berdiri dengan segala macam kecanggihan teknologi di dalamnya, tetapi PPU tetap dengan keterbatasannya.

Demi terwujudnya gagasan ini, bupati PPU juga tidak tinggal diam. Berbagai perjuangan untuk meyakinkan Otorita IKN terus dilakukan. Insfrastruktur pembangunan penunjang juga terus ditingkatkan.

Pria yang dikenal murah senyum ini mengatakan bahwa menjadi beranda IKN Nusantara, warga PPU tentu punya harapan tinggi. Namun tentulah menyiapkan PPU sebagai beranda IKN bukanlah hal yang mudah, ini menjadi tugas berat bagi bupati PPU. Apalagi persoalan utama yang dihadapi PPU saat ini adalah salah satunya terkait Sumber Daya Manusia (SDM). Karena tidak mungkin PPU menjadi serambinya IKN jika SDM nya tidak dipersiapkan dengan baik.

Baca Juga:   Safari Ramadan di Sepaku, Mudyat Noor Siap Maksimalkan Serapan Tenaga Kerja Lokal dalam Pembangunan IKN

Namun demikian, untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat PPU pemda kini terus berupaya melakukan langkah-langkah strategis diantaranya kini PPU telah menjalin kerjasama dengan sejumlah Universitas ternama di Indonesia yang siap membangun kampusnya di PPU. Sehingga masyarakat nantinya tidak harus jauh-jauh menyekolahkan putra-putrinya keluar daerah. Begitu juga langkah-langkah strategis lainnya seperti penyediaan Badan Latihan Kerja (BLK) bagi masyarakat. Begitu juga pada sektor lainnya kini terus ditingkatkan di PPU.

Jika di kaji lebih jauh, gagasan untuk menjadikan kabupaten PPU sebagai serambi nusantara rasanya tidaklah berlebihan. Kabupaten PPU merupakan salah satu wilayah inti yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai lokasi IKN baru. Dengan kehadiran IKN di PPU ini satu kecamatan dari empat kecamatan yang ada di kabupaten ini yaitu kecamatan sepaku hampir sepenuhnya masuk ke wilayah IKN.

Gagasan serambi nusantara ini juga nampaknya tidak hanya menjadi isapan jempol belaka. Karena salah satunya telah mendapat respons positip dari pihak Otorita IKN belum lama ini. Hal itu bahkan disampaikan langsung oleh Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono ketika dirinya menghadiri kegiatan halal bihalal di kediaman bupati PPU.

Baca Juga:   Aksi Perubahan TEGAS Satpol-PP PPU, Solusi Optimalkan Penyelenggaraan Ketertiban Umum

Menurut Bambang Susantono bahwa pada dasarnya wilayah sekitar IKN khususnya kabupaten PPU bisa menjadi serambinya nusantara. Karena menurutnya otorita IKN memang ingin maju bersama untuk menjadi generator pembangunan ekonomi Indonesia di Tahun 2045. Hal itu tentunya akan dicapai bila Otorita maupun daerah khususnya sekitar wilayah IKN saling mendukung dan mengisi.

“ Namanya serambi. Ada serambi mekah dan lainnya. Kalau PPU namanya serambi nusantara, ini luar biasa sekali dan kami mengapresiasi itu,” kata Bambang Susantono saat itu. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER