spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati PPU Resmi Buka Gelaran MTQ PP Ke-18

PPU – Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam Pongrewa membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ke-18 Tahun 2023, Senin malam (27/2/2023). Bertempat di Komplek Islamic Centre Penajam Kecamatan Penajam, pelaksanaan diselenggarakan selama 4 hari sejak tanggal 27 Februari hingga 02 Maret 2023.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ini memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Mengingat acara keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

“Saya berharap pelaksanaan MTQ ke-18 tingkat kabupaten Penajam Paser Utara ini, mampu berperan dalam seleksi tilawatil qur’an tingkat provinsi nantinya, sehingga kafilah kita bisa sampai ke tingkat nasional,” ujarnya.

Selain itu, Hamdam berharap pelaksanaan MTQ kali ini nantinya dapat berperan dalam seleksi tilawatil qur’an di tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian ia berpesan pada seluruh dewan hakim agar memberikan penilaian se-objektif mungkin.

Baca Juga:   Hamdam Lantik 68 Pejabat Baru di Akhir Masa Jabatan

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Penajam Paser Utara untuk selalu memebrikan dukungan. Serta meramaikan arena MTQ yang digelar di Komplek Islamic Centre ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama PPU Nasrudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab PPU selalu memberikan perhatian dan dukungan yang tinggi. Pun dalam ajang pengembangan tilawatil qur’an untuk melakukan pembinaan, mengarahkan serta memfasilitasi penyelenggaraannya.

Nasrudin berharap kualitas MTQ dari tahun ke tahun semakin baik. Kemudian dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik yang bisa mengharumkan nama PPU khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya.

“MTQ sebagai sarana yang baik untuk memelihara kecintaan umat terhadap al-qur’an dengan membudayakan seni membaca, mempelajari dan memahami kandungan al-qur’an,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan, jumlah kafilah dalam pelaksanaan lomba MTQ ke-18 ini total sebanyak 263 orang. Terdiri dari 70 orang dari kecamatan Penajam, Kecamatan Waru 64 orang, Kecamatan Babulu 70 orang dan Kecamatan Sepaku 59 orang. (ADV/NRD/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER