spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bijak: Hadirnya Bunda Literasi PPU Diharapkan Dapat Tngkatkan Minat Baca

PPU – Pelantikan Bunda Literasi mendapat respon baik dari Anggota Komisi I DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Bijak Ilhamdani. Dengan adanya bunda literari ini, di harapkan dapat meningkatkan kembali minat baca di kalangan masyarakat PPU khususnya.

Seperti diketahui, kenyataannya minat baca saat ini masih sangat minim di kalangan masyarakat. Hal inilah yang harus menjadi fokus masalah yang perlu diselesaikan bersama.

“Hadirnya Bunda Literasi ini, Kami sangat menginginkan adanya dorongan khusus minat baca di kalangan masyarakat,” ujarnya yang akrab disapa Bijak, Rabu (19/7/2023).

Dalam hal ini terkhusus anak-anak usia dini, yang diketahui lebih banyak bermain gawai dari pada membaca. Meski masih ada kebaikannya, satu sisi pengunaan berlebih juga memberikan dampak buruk.

“Alangkah baiknya dorongan ini di mulai dari orang terdekat dahulu, contohnya Ibu atau Bapak dirumah. Dengan pola mengatur waktu bermain anak terhadap gadget,” ungkapnya.

Di luar dari itu, hadirnya Bunda Literasi ini bukan hanya untuk bekerja sendiri untuk mendorong minat baca tersebut. Akan tetapi perlunya juga kerjasama antar instansi terkait seperti Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah (Dispusip) PPU.

Baca Juga:   RT 16 Karhutla Lagi, Lurah Petung Imbau Warga Cegah Karhutla

“Hadirnya bunda literasi ini secara khusus dinas terkait harus mulai bergerak untuk menjalin kerjasama, agar dapat membentuk suatu program demi meningkatkan minat baca PPU,” jelas Bijak.

Tugas berat pun menanti Bunda Literasi, agar kiranya dapat merubah mindset terhadap masyarakat khususnya usia dini dalam penggunaan gadget berlebihan. “Agar kiranya bunda literasi dapat merubah mindset usia dini terhadap penggunaan gadget berlebihan dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, dan Kami pun menunggu program-program dari bunda literasi ini,” tutupnya. (NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER