spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Golput, Pelajar di PPU dapat Sosialisasi Pemilu 2024

PPU – Para pemilih muda di Penajam Paser Utara (PPU) menerima sosialisasi pemahaman Pemilu 2024. Adanya kegiatan ini, diharapkan pemerintah dapat mengurangi masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golput (golonggan putih).

Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kaltim (DKP3A) bersama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk (DP3AP2KB) PPU menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi menjelang Pemilu 2024. Menyasar para pemilih pemula yang masih duduk di bangku sekolah menegah atas (SMA) di Benuo Taka.

Bertempat di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU, Sekretaris DP3AP2KB PPU, Siti Aminah mengajak seluruh peserta untuk dapat menjadi pelopor pembangunan negara. Baik itu mulai tingkaan terbawah hingga ke tingkat nasional.

“Kenali, cermati dan amati setiap program yang ditawarkan oleh calon pemimpin nantinya dalam memilih pemimpin di tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kota, para siswa dapat menjadi pemilih cerdas dalam pilihannya, berdasarkan hati nurani,” ungkap dia, Rabu, (16/11/2022).

Selain dari itu, para pemilih muda yang disebut-sebut sebagai penentu kemenangan setiap calon dalam pemilu 2024, diarahkan untuk dapat mengambil hak suaranya. Jangan sampai terbawa isu liar yang akhirnya membuat para siswa untuk enggan memberikan hak suaranya.

Baca Juga:   Pemkab PPU Buka Beasiswa Kuliah di STT Migas dan PIP

“Sebagai pemilih pemula, diharapkan pula untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS. Hak pilih tersebut jangan sampai tidak digunakan atau golput,” tegas Siti.

Tak kurang 85 siswa hadir dalam kegiatan ini mengikuti pemaparan dengan antusias. Mereka merupakan perwakilan dari beberapa sekolahan yang ada di Kecamatan Penajam. Di antaranya, SMA Negeri 1, SMA Negeri 8, Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 2 dan SMK Pelitagama.

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan sebagai pemilih pemula yang terpelajar, agar tidak terpengaruh dalam pilihan orang lain. Sebagai pemilih pemula harus cermat dalam memilih calon Pemimpin, dengan menggunakan sebaik-baiknya hak pilihnya,” ungkap Analisis Kebijakan Ahli Muda di DKP3A Kaltim, Hasbi Anshari, dalam paparannya.

Secara khusus pula, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Irwan Syahwana dihadirkan untuk menyampaikan materi-materi penting seputar Pemilu 2024 yang akan dilaksanaan secara serentak. Ia menyampaikan mulai dari pengenalan dasar hukum penyelenggaraan pemilu, hingga jadwal dan tahapan dalam kepemiluan.

“Pada tahun 2024 nantinya, kami semua mengajak anak muda, pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya dengan bijak, serta penuh dengan tanggung jawab,” pungkasnya. (sbk)

Baca Juga:   IPF PPU Gelar Kejurnas PickleBall, Diikuti 501 Atlet Dalam dan Luar Daerah
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER