spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

259 Personel Gabungan di 12 Posko Pengamanan Awasi PPU saat Idulfitri 1444 H

PPU – Sebanyak 259 personel gabungan disiagakan dalam posko pengamanan Lebaran 2023 di Penajam Paser Utara (PPU). Mereka terdapat pada 12 posko yang berada di 4 kecamatan yang ada di Benuo Taka.

Dalam melakukan pengamanan yang berpusat pada arus mudik-balik Idulfitri 1444 Hijriah, Polres PPU menerjunkan sekitar 164 personel. Sementara sisanya berasal dari instansi terkait mulai dari TNI, Diskes PPU, Dishub PPU, BPBD PPU, dan beberapa organisasi.

Wakapolres PPU Kompol Bergas Hartoko mengungkapkan, pengamanan pada masa mudik dan setelah Lebaran diupayakan maksimal. Hal itu karena mobilitas masyarakat pada Lebaran kali ini diprediksi meningkat dibandingkan Lebaran sebelumnya.

“Kepadatan pada mudik kali ini diprediksi terjadi, kita siapkan upaya penanganan yang maksimal,” ungkapnya, Minggu (16/4/2023).

Untuk pos pengamanan, didirikan 12 posko Ketupat Mahakam 2023. Puluhan posko tersebut, tersebar di daerah-daerah yang dianggap rawan kepadatan, rawan kecelakaan lalu lintas, dan rawan bencana.

Posko tersebut berada di Tunan, Kecamatan Sepaku atau Ibu Kota Negara (IKN), tempat-tempat wisata, pelabuhan penyeberangan feri Penajam, serta pusat keramaian lainnya.

Baca Juga:   Pembangunan Rumah Menteri di IKN Rampung Juni 2024

“Gangguan yang diantisipasi yakni potensi kemacetan, kepadatan kendaraan maupun mobilitas masyarakat yang berlebihan,” jelas Bergas.

Para personel gabungan tidak hanya memantau dan mengamankan arus mudik dan arus balik, tetapi juga melakukan deteksi dini terhadap potensi masalah ketertiban yang muncul di tengah-tengah masyarakat.

Mulai dari masjid-masjid dan tempat-tempat yang berpotensi ramai seperti tempat penyaluran dan pembayaran zakat, tempat wisata, tempat belanja, rest area, hingga SPBU.

“Kami juga memantau situasi kamtibmas, rumah yang ditinggal pemiliknya saat mudik dan sebagainya. Juga antrian panjang di rest area dan SPBU, gangguan Kamtibmas, dan potensi bencana akibat cuaca yang tidak menentu,” sebutnya.

Para petugas akan bersiaga selama 24 jam, mulai seminggu sebelum Lebaran hingga seminggu setelahnya. Mereka akan disiagakan secara bergiliran. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER