spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Digadang Jadi Kepala Otorita IKN yang Baru, Makmur Marbun: Saya Disuruh jadi Apa Saja Mau!

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menyatakan siap, bila dirinya dipercaya menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusnatara (IKN) yang baru. Malahan, sejatinya ia sebagai aparatur sipil negara (ASN) bersedia mengemban amanah apa saja yang dibeirkan oleh pimpinannya.

Seperti diketahui, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dan juga wakilnya, Dhony Rahadjoe mundur dari jabatannya beberapa waktu lalu. Sejurus, Presiden RI Joko Widodo langsung menunjuk Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni sebagai pengganti sementara, pelaksanan tugas (plt).

Pasca kabar itu, hingga saat ini adapula nama-nama lain yang juga tengah melejit dan digadang sebagai Kepala Otorita IKN selanjutnya. Tak terkecuali para tokoh-tokoh, pun pejabat yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim), tempat ibu kota negara baru akan dipindahkan.

Salah satunya, Makmur Marbun, yang disebut banyak kalangan mampu menjalankan tugas sekaligus menyelesaikan beberapa konflik yang saat ini tengah terjadi dalam rencana pembangunan IKN di Sepaku dan sebagian Kukar tersebut.

Baca Juga:   Disbudpar PPU Fokus Pembinaan Pokdarwis dalam Pengembangan Pariwisata di Tiap Wilayah

Menjawab hal tersebut, ia mengungkapkan bahwa dirinya sangat terbuka dengan usulan tersebut. Terlebih jika hal tersebut berdasarkan instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

“Aku disuruh jadi apa saja mau,” ungkapnya, Selasa (18/6/2024).

Sebelumnya, nama Makmur Marbun mencuat melihat daripada sepak terjangnya sebagai perpanjangan tangan Presiden Joko Widodo dalam menyelesaikan berbagai dampak sosial dari pembangunan IKN.

Termasuk dirinya merupakan Ketua Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang turut mengambil peran penting dalam penyelesaian lahan untuk penunjang fasilitas IKN. Belum lagi, kinerja Makmur yang sangat disambut baik oleh masyarakat PPU untuk menghidupkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Mau jadi camat, mau jadi lurah, mau jadi kades juga mau, sepanjang penugasan,” tandasnya.

Sekadar informasi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari kandidat calon Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) definitif. Selama proses pencarian tersebut, Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni untuk sementara menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN.

Baca Juga:   Pemantauan Hasil Pemeriksaan BPK Kaltim Semester I 2024, Tohar Harap Tak Banyak Catatan untuk Pemkab PPU

“Iya (masih cari calon Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN),” ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024). “(Untuk Plt) ya sampai definitif. Kita lihat perkembangan,” jelasnya.

Penulis: Nelly Agustina
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER