spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sergek Berhasil Selesaikan Uji Coba AI Smart Traffic dan Mobility IKN

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan Sergek, perusahaan terkemuka di bidang smart city dan solusi mobilitas pintar, dengan bangga mengumumkan keberhasilan penyelesaian Proof of Concept (POC) kolaboratif sistem Transportasi Cerdas (ITS) di Balikpapan, Senin (27/05/2024) di Jakarta. Hasil dari inisiatif bersama ini menunjukkan keselarasan antara platform lalu lintas dan mobilitas bertenaga AI Sergek dan visi strategis OIKN untuk mengembangkan ITS dalam ekosistem tiga kota Nusantara berdasarkan rencana induk mobilitas perkotaan.

POC yang diimplementasikan dalam ekosistem pionir di Balikpapan menunjukkan efektivitas platform lalu lintas dan mobilitas berbasis kecerdasan buatan (AI) Sergek dalam melengkapi OIKN dengan data pengambilan keputusan yang dapat ditindaklanjuti, yang penting untuk perencanaan kota dan keputusan manajemen lalu lintas. Sergek memberikan data yang tepat tentang pola arus lalu lintas, periode lalu lintas puncak, dan rute padat berdasarkan analitik data besar, termasuk matriks asal-tujuan, menawarkan pemahaman yang komprehensif tentang tantangan lalu lintas.

Wawasan ini juga digunakan untuk mengklasifikasikan rute transportasi umum dan menganalisis jadwal dan keteraturan mereka untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan dalam transportasi umum. Dalam prosesnya, Sergek bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Balikpapan untuk memastikan persyaratan teknis terpenuhi dan pengetahuan tentang persyaratan fungsional ditransfer ke tim di Traffic Management Center (TMC).

Baca Juga:   Ketika Jokowi Turun Tangan Promosikan IKN Nusantara, Akankah Investor Tertarik?

Menanggapi tonggak sejarah ini, Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN, mengatakan bahwa mengingat komitmen OIKN untuk menjadikan Nusantara sebagai kota hijau dan berkelanjutan secara ekologis, platform berbasis AI Sergek dapat memberikan pemodelan emisi dan mengidentifikasi hotspot polusi melalui arus lalu lintas dan analisis jenis kendaraan di Balikpapan. Pencapaian ini, ditambah dengan integrasi yang dilakukan dengan sistem ATCS dan APILL (alat penunjuk isyarat lalu lintas) yang ada untuk 31 lokasi yang terdiri dari 16 persimpangan jalan dan 15 jalan linier, selaras dengan tujuan Nusantara sebagai kota paling berkelanjutan di dunia, mencapai emisi nol bersih pada tahun 2045, memastikan ekosistem digital berkelanjutan yang andal, bernilai uang, dan dapat dioperasikan.

(Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara)

Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Fadjroel Rachman, menambahkan, “Saya senang melihat bahwa komunikasi antarnegara antara Indonesia dan Kazakhstan menjadi lebih bermanfaat dan efektif. Sebagai perwakilan dari negara mereka, pencapaian Sergek dari tonggak sejarah ini sangat mengesankan dan menyoroti tidak hanya lintasan positif dari upaya kolaboratif kami tetapi juga potensi kemitraan yang tinggi dalam pengembangan teknologi AI antara dua ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan Tengah.

Baca Juga:   Kecamatan Waru Beri Ruang Bagi Siswa Tidak Lolos Seleksi Paskibraka

Kazakhstan menempati peringkat ke-28 dalam Peringkat PBB dalam pengembangan e-Gov, dan ke-8 dalam layanan online, menjadikannya mitra ideal bagi Indonesia. Keberhasilan POC ini menciptakan momentum yang baik untuk menginspirasi perusahaan lain untuk mengejar peluang kolaborasi dengan Nusantara.”

(Biro SDM dan Humas Otorita Ibu Kota Nusantara)

Alyona Tkachenko, VP of Global Markets di Sergek, menyatakan, “Sementara orang lain mungkin melihat Nusantara hanya sebagai sebuah proyek, bagi kami itu mewakili visi dan komitmen bersama yang sangat kami yakini. Penyelarasan ini meletakkan dasar bagi kemitraan yang kuat. Kemitraan inilah yang menginspirasi kami untuk berkolaborasi dengan OIKN, memberikan solusi dan kasus penggunaan yang disesuaikan yang menghidupkan visi Nusantara, bukan di masa depan yang jauh, tetapi di sini dan saat ini. Nusantara bukan sekadar aspirasi; Ini adalah kenyataan yang nyata. Dalam semangat ini, kami mendekati inisiatif ini bukan sebagai bukti konsep, tetapi sebagai proyek yang lengkap.”

Kesimpulan yang sukses dari proyek percontohan ini menandai tonggak penting dalam memajukan visi kota pintar Nusantara. OIKN dan Sergek tetap berkomitmen untuk mendorong inovasi dan pembangunan berkelanjutan, memajukan lalu lintas dan mobilitas dalam ekosistem tiga kota. (*Rls/SBK)

Baca Juga:   Hadiri Penyerahan Hasil Tim Risos Latsitardanus Ke-44, Pj Bupati PPU Sampaikan Dampak Positif di Masyarakat
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER