spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

215 ASN PPU Ikuti Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Jenjang 2023

PPU – Sebanyak 215 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Penajam PAser Utara (PPU) mendapatkan kesempatan peningkatan kompetensi. Dengan mengikuti ujian dinas dan penyesuaian jenjang pendidikan.

Pelaksanaan ujian dinas merupakan satu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari proses kenaikan pangkat bagi ASN. Jika disetarakan dengan militer, seluruh peserta pembekalan ujian dinas hari ini masih berstatus bintara.

Untuk menjadi perwira, tentulah harus melalui tes. Sebab, memiliki jabatan di atasnya tentulah harus memiliki kompetensi yang cukup.

Demikian dikatakan Bupati PPU, Hamdam Pongrewa dalam sambuatan ujian dinas tingkat I dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah di lingkungan Pemkab PPU 2023. Sekira 215 ASN mengikuti pembekalan tes yang dilaksanakan di Kantor Bupati PPU, Rabu, (2/8/2023).

“Kegiatan ini tentu bagian dari kehadiran pemerintah daerah untuk memperjuangkan hak-hak kalian untuk menjadi perwira, yang harus difasilitasi oleh pemerintah,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, para ASN diberikan kesempatan untuk berkarir yang lebih tinggi. Karena jika tidak, kemungkinan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi akan lebih sulit dicapai.

Baca Juga:   DPC PKB PPU Buka Beberapa Porsi Rekrutmen Bacaleg Pemilu 2024

“Ini adalah bagian dari kepedulian pemerintah daerah,” sebut Hamdam.

Hamdam menyebutkan ujian kali ini merupakan ujian dinas dengan peserta terbanyak di PPU. Karena ujian serupa memang dalam waktu yang cukup lama tidak dilaksanakan.

“Saya menyayangi kalian, makanya ini sangat kami perjuangkan. Pokoknya yang mau berkarier lebih tinggi, yang mau menjadi perwira, tolong fasilitasi di PPU. Alhamdulillah kepala BKPSDM PPU cepat merespon itu dan hari ini dapat dilaksanakan tahapannya,” jelasnya.

Senada, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) PPU, Amrullah menjelaskan dari 215 peserta itu terbagi peserta ujian dinas 181 orang dan peserta ujian penyesuaian ijazah sebanyak 34 orang. Dengan naiknya jenjang kepangkatan, maka kopetensi dan kemampuannya juga akan naik dan tentunya tambah lebih proposional.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil khususnya dari golongan ruang II/d ke golongan ruang III/a dan penyesuaian ijazah,” terangnya.

Ujian Dinas Tingkat I dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah PNS akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 3 hingga 4 Agustus 2023 di SMPN 10 PPU. Ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau berbasis komputer sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dan kecurangan serta hasil yang didapat akan lebih cepat untuk diketahui nilainya.

Baca Juga:   Masalah Dampak Lingkungan Tambang Batu Bara di Desa Sesulu, CV PMA Tegaskan Kontraktor untuk Bertanggungjawab

Sementara itu, Kepala BKN Regional VIII Banjarmasin, Darmuji berharap melalui pembekalan ini seluruh ASN bisa memperoleh bekal yang cukup. Sehingga akan memudahkan dalam pelaksanaan ujian dinas nantinya.

“Ujian pada dasarnya adalah tahapan untuk mengukur sejauh mana kemampuan. Karena akan menduduki golongan dan pangkat yang lebih tinggi. Hanya untuk mengukur saja. Nah ukuran itulah yang nanti akan persentasi bobot-bobot. Kami berharap bekal yang diterima pada hari ini akan cukup membantu memudahkan saudara sekalian pada pelaksanaan ujian ini nantinya,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER