spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Karang Taruna Lawe-Lawe dan KKN Unmul Gelar Talkshow UMKM untuk Pembangunan Daerah

PPU – Kuliah Kerja Nyata (KKN) 49 Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Kelurahan Lawe-Lawe bersama Karang Taruna Karya Muda menggelar kegiatan Talkshow UMKM dengan bertemakan “Pentingnya UMKM dalam Pembangunan Ekonomi Daerah” di Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (30/7/2023).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Lurah Lawe-Lawe, Irwanda Sukoco dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Mahasiswa KKN telah membuat talkshow UMKM ini, ia juga inginkan dengan adanya talkshow ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Lawe-Lawe terhadap kemajuan UMKM ke depannya.

“Terima atas sumbangsihnya mahasiswa KKN, serta saya harapkan dengan adanya talkshow ini dapat memberikan manfaat banyak bagi UMKM Lawe-Lawe,” ujarn Irwanda.

Acara tersebut mengundang 2 pemateri, pemateri pertama Pendamping UMKM PPU Rijal Ramadan dan pemateri kedua Seketaris Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) PPU Ali Ilhamdani.

Pemateri pertama Pendamping UMKM PPU, Rizal mengatakan pelaku usaha PPU wajib memiliki koneksi yang luas, percaya diri dan berani untuk melakukan suatu inovasi tanpa intervensi lainnya.

“Ber UMKM itu sangat perlu koneksi, percaya diri dan berani berinovasi, agar kiranya produk yang di pasarkan tidak terkesan ragu,” ujar Rizal.

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU: Pedoman Standar Penciptaan Ruang Bermain Ramah Anak

Lanjutnya Rijal, sesuai dengan tema yang diangkat UMKM sangat penting dalam pembangunan ekonomi Daerah saat ini. Faktanya dimasa covid melanda dengan banyaknya para karyawan di PHK dari perusahaan, maka UMKM yang menjadi solusinya.

“Dalam Pembangunan ekonomi Daerah tersebut perlunya dukungan UMKM agar tercapainya tujuan itu,” ungkapnya.

 

Sedangkan Pemateri kedua Seketaris HIPMI PPU, Ali Ilhamdani mengatakan hadirnya HIPMI PPU saat ini, menjadi jembatan bagi para UMKM dalam promosinya serta penyelesaian masalah-masalah yang di alami di lapangan.

“Disini Kami hadir untuk membantu promosi produk UMKM PPU, adapun permasalahan lainnya kita akan mencoba untuk membantu dan mencarikan solusi,” ujar Ali.

HIPMI PPU sendiri berharap dengan adanya talkshow ini dapat memberikan semangat baru dalam ber UMKM, serta dapat membangkit perekonomian Daerah lebih maju lagi kedepannya. Ia juga mengingatkan pada peserta yang hadir agar apa yang didapatkan dalam talkshow ini dapat dipergunakan ilmunya.

“Adanya talkshow ini Kami berharap dapat menumbuhkan semangat baru ber UMKM, dan ilmu yang didapat pada talkshow ini dapat di aplikasinya diluar serta tidak berhenti sampai disini saja,” tutupnya. (NRD)

Baca Juga:   Banyak Bangunan Usaha Tak Berizin di Sepaku, Satpol-PP Turun Tangan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER