spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga PPU Dimiinta Tingkatkan Kewaspadaan saat Lebaran

PPU – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengeluarkan imbauan penting bagi para pemudik agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi rumah saat ditinggal.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar meminta pemudik untuk mewaspadai risiko kebakaran saat meninggalkan rumah, mengingat beberapa kejadian yang sering terjadi di Benuo Taka.

“Kami meminta warga untuk waspada terhadap ancaman kebakaran saat rumah kosong ditinggalkan,” ujarnya, Selasa (18/4/2023).

Ia mengimbau masyarakat untuk memastikan semua aliran listrik aman dan tidak ada perangkat elektronik yang menyala sebelum meninggalkan rumah. Kemudian juga untuk memastikan kondisi dalam keadaan aman.

“Jangan lupa mencabut semua kabel peralatan elektronik seperti AC, televisi, komputer, kulkas, kipas angin, dispenser, dan sebagainya untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran,” katanya.

Disarankan untuk mengecek instalasi listrik guna memastikan semua dalam kondisi baik. Tohar mengingatkan, salah satu penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Potensi tersebut bisa saja terjadi dengan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi kosong. Pihaknya juga meminta kantor-kantor untuk tidak ditinggalkan dalam kondisi kosong. Harus ada petugas yang menjaganya untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Baca Juga:   Serahkan Santunan Dampak Pembangunan Bandara VVIP IKN, Pj Bupati PPU; Pemerintah Tidak Pernah PHP

“Peralatan elektronik yang dibiarkan terus menyala dalam waktu lama berisiko menimbulkan korsleting atau arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER