spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Butuh Bantuan Sumur Bor Hadapi Kekeringan

PPU – Mengatasi krisis air yang sedang terjadi, Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) diharapkan ikut serta dalam mencari solusinya. Salah satu usulan yang diajukan adalah pengadaan sumur bor untuk masyarakat.

Kekeringan air telah menjadi masalah di Benuo Taka, khususnya di wilayah Kecamatan Sepaku. Musim panas ekstrem dalam beberapa bulan terakhir telah mengakibatkan penurunan drastis pasokan air dari sungai, yang merupakan sumber utama kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.

Anggota DPRD PPU dari dapil Sepaku, Sakka Said, mengungkapkan bahwa dia telah menerima keluhan dari warga sehubungan dengan masalah ini. Warga meminta solusi berupa pembangunan sumur bor.

“Ibukota itu banyak penduduk yang mengeluh karena kesulitan air akibat kemarau yang berkepanjangan. Mereka meminta adanya sumur bor,” ujarnya pada Minggu (1/10/2023).

Dikenal bahwa krisis air ini telah menjadi permasalahan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun saat ini sedang dibangun Bendungan Sepaku-Semoi dengan kapasitas air baku 2.500 liter per detik, namun pemanfaatannya adalah 2.000 liter per detik untuk wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) dan 500 liter per detik untuk wilayah Kota Balikpapan.

Baca Juga:   Dishub PPU Mulai Uji Kelaikan Angkutan Umum Jelang Arus Mudik Lebaran

“Warga berharap pemerintah daerah dapat memperhatikan pembangunan sumur bor di beberapa daerah di Kecamatan Sepaku,” katanya.

Sakka mengungkapkan bahwa dia telah mengusulkan pembangunan sumur bor ini kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melalui pokok-pokok aspirasi legislatif.

“Kami telah mengusulkan ini dalam pokir, tetapi dinas terkait tampaknya tidak berminat untuk melaksanakannya. Saya merasa bingung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mendesak Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk merealisasikan usulan ini di masa yang akan datang. Dengan adanya sumur bor, ini akan menjadi jaminan bagi pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di Sepaku.

“Jika sumur bor sudah ada, itu akan sangat bermanfaat bagi warga. Mereka dapat memperoleh air dari sumber tersebut,” tambahnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER