spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG 2023 Apresiasi Penghimpunan Data dan Informasi Pendukung PPU

PPU – Tim Verifikasi Lapangan (VL) evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) 2023 berharap Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) dapat menghimpun data dan informasi yang akurat. Dalam menuju evaluasi PUG tahap pertama yaitu evaluasi mandiri (EM) dan tahap kedua yaitu verifikasi adminstrasi.

Pemkab Penajam Paser utara (PPU) menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan (VL) evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) 2023. Tim dari Kementerian Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Indonesia Selasa (7/11/2023).

Tim Verifikasi Lapangan Kementerian PPPA, Maya Septiyana juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya ke pada Pemkab PPU. Yang telah melengkapi data dan informasi tentang perkembangan pelaksanaan PUG berikut dengan capaiannya sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

”Kita semua menyadari bahwa dari berbagai data yang ada ternyata masih menunjukkan bahwa kualitas hidup perempuan masih rendah dibandingkan laki-laki, ini dapat terlihat dari data pendidikan, kesehatan dan ekonomi,”ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2020 hingga 2024 Indeks Pembangunan Gender (IPG) masih menjadi indikator keberhasilan pembangunan manusia. Yang secara nasional ditargetkan mencapai 91,39 pada 2024.

Baca Juga:   Komunitas Honda Beat PPU Bagi Takjil ke Pengendara dan Masjid di Petung

”Hal ini sejalan dengan Bapak Presiden untuk memprioritaskan kepada kemajuan sumberdaya manusia, namun target ini tidak akan tercapai tanpa ada capai IPG dari daerah,” tambah Maya.

Lanjutnya, juga mengatakan bahwa data dan informasi tersebut sangat penting dan berharga pada Kementerian PPPA dan Pemerintah Kabupaten PPU. Sebelum diskusi dan tanya jawab, Kepala Dinas DP3AP2KB yang juga sebagai Driver PUG, Chairur Rozikin, menyampaikan beberapa pemaparan terkait pelembagaan PUG, penyelenggaraan PUG dan inovasi PUG.

“Untuk landasan melakukan langkah-langkah strategi, kecermatan, efektif dan efisien dalam mempercepat terwujudnya pembangunan yang berkualitas dan merat bagi semua masyarakat baik laki-laki maupun perempuan dengan IPG sebagai salah satu strateginya,” pungkasnya. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER