spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terpilih 9 Anggota Panwascam se-Bontang, Banyak Mantan Penyelenggara Pemilu, Besok Dilantik

BONTANG – Bawaslu Kota Bontang telah menetapkan Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Pemilu 2024 mendatang, Rabu (26/10) hari ini.

Melalui pengumuman resmi yang dirilis Bawaslu Kota Bontang dengan Nomor : 038/KP.00.01/KI-09/X/2022, sebanyak 9 anggota Panwascam terpilih yang akan mengawal pesta demokrasi di Kota Bontang. Masing-masing di tiap kecamatan, terpilih 3 anggota Panwascam, dari total 6 calon anggota Panwascam di tiap kecamatan yang mengikuti tes wawancara pada 20 Oktober 2022 di Kantor Bawaslu Bontang.

Dalam pengumuman yang ditandatangani ketua dan sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwascam Kota Bontang Aldy Artrian dan A Andri Purwanta, disebutkan penetapan Panwascam terpilih merupakan hasil rapat pleno Bawaslu Bontang pada 24 Oktober 2022, pukul 11.00 Wita lalu.

Adapun nama-nama Panwaslu Kecamatan terpilih sebagai berikut:

Kecamatan Bontang Selatan

  1. Muhammad Ikbal Sultan (mantan Panwascam)
  2. Sri Wahyuni (mantan Panitia Pemilihan Kecamatan/PPK)
  3. Sulaiman  (mantan Panwascam)

Kecamatan Bontang Barat

  1. Bahrun Amin (mantan PPK)
  2. Anwar (mantan PPK)
  3. Joanita Claudia Saraswati Pasaribu (mantan staf Panwascam Bontang Barat)
Baca Juga:   Dana Pilkada PPU 2024 Akan Turun Akhir 2023

Kecamatan Bontang Utara

  1. Muhammad Nurkholis (mantan Panwascam)
  2. Andi Yudi Zakaria (wartawan)
  3. Marini (mantan profesional perusahaan)

Melihat dari nama-nama anggota Panwascam terpilih, berdasarkan data yang dihimpun Media Kaltim, sebagian besar mantan penyelenggara pemilu. Baik yang pernah bertugas sebagai Panwascam atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, Pemilu 2019 maupun Pilkada 2020.

Tercatat hanya tiga orang yang bukan sebagai mantan penyelenggara pemilu. Dari tiga nama itu, diketahui Joanita adalah mantan staf Panwascam Bontang Barat dan Andi Yudi Zakaria yang memiliki latar belakang wartawan. Sementara Marini diketahui mantan karyawan di salah satu perusahaan di Kota Bontang.

Yang menarik, dari anggota Panwascam terpilih tersebut, terdapat 3 nama perempuan. Tersebar 1 perempuan di tiap kecamatan. “Pada seleksi Panwascam ini, Bawaslu memang sangat memperhatikan keterwakilan perempuan sebagai penyelenggara. Bahkan, ketika tidak terpenuhi kuota 30 persen perempuan, kami telah melakukan perpanjangan pendaftaran sebagai syarat untuk terpenuhinya kuota perempuan. Perpanjangan pendaftaran kami lakukan di Bontang Selatan,” beber Aldy Artrian yang juga Ketua Bawaslu Kota Bontang.

Baca Juga:   DPC PKB PPU Resmi Buka Pendaftaran Bacabup/Bacawabup Pilkada 2024

Disinggung soal pelantikan, Aldy mengatakan, setelah diumumkan Rabu (26/10), anggota Panwascam terpilih telah digagendakan pelantikan pada Kamis (27/10) besok. “Besok (27/10, Red,) kami akan agendakan pelantikan dan dilanjut untuk bimtek bagi anggota Panwascam terpilih,” pungkasnya. (mediakaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER