spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Stok Beras PPU Dipastikan Aman Ramadan Ini

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) memastikan stok pangan daerah aman hingga  diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Ramadan nanti.

Selain cadangan dan distribusi dari luar daerah, sawah di PPU juga tengah memasuki musim panen.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) PPU Bambang Surijadi menuturkan jumlah bahan pokok beras saat in ialah 1.536 ton. Diperkirakan jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk lokal hingga 6 bulan ke depan

“Kalau dilihat dari pola konsumsi per minggu kita masih surplus khususnya beras. Di Kabupaten PPU, rata-rata konsumsi beras masyarakat per harinya, mencapai 50,49 ton,” ujarnya, Jumat (10/3/2023).

Kepastian aman ini juga diperoleh dari para petani padi Benuo Taka. Pasalnya dalam waktu dekat ini di PPU akan memasuki masa panen. Dengan demikian dipastikan PPU tidak akan mengalami kekurangan pangan khususnya beras termasuk saat Ramadan bahkan hingga Idulfitri.

“Stok beras yang ada juga kita perkirakan cukup untuk Ramadan, apalagi Maret ini nanti panen dan InshaAllah aman saja,” tegasnya.

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU Minta Dukungan DPRD Wujudkan Rumah Aman

Bambang menerangkan pula kondisi aman ini masih juga bakal dijamin dengan lancarnya distribusi beras luar daerah. Cuaca saat ini yang masih terbilang kondusif membuat distribusi transportasi tak mengalami hambatan.

Biasanya, para distributor memasok beras dari luar daerah seperti Sulawesi dan Jawa, hingga puluhan ton beras setiap minggunya. “Aman saja karena Kita juga masih dibantu daerah lain. Distribusi juga lancar, kecuali cuaca seperti ombak kencang baru tergangggu distribusinya,” tutup Bambang. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER