spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Silaturahmi KADIN dan Otorita IKN, Pemkab PPU Dorong Pemanfaatan Kawasan Industri Buluminung

PPU – Kamar Dagang Industri (KADIN) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar silaturahmi bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kantor Bupati Lantai 1 PPU Selasa (21/01/2023). Acara yang dibalut dengan diskusi itu mengangkat tema ‘KADIN Bersinergi Mensukseskan Pembangunan IKN’.

Sekkab PPU, Tohar yang hadir dalam acara menyampaikan apresiasi pada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Ia berharap adanya kegiatan ini mampu menjembatani sinergitas antar pengusaha dan pemerintah.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini ada sesuatu yang menjadi harapan-harapan warga PPU. Harapannya bisa mengawal laju pembangun infrastruktur IKN, dalam artian mengiringi mereka yang mempunyai wewenang otoritas dalam pembangunan infrastruktur, hingga tiba pada saatnya rencana pemerintah pusat terwujud,” ujarnya.

Tohar menjelaskan KADIN seyogyanya membawa misi daerah. Yang mana di PPU sendiri memiliki beberapa potensi yang sudah seharusnya dikembangkan, termasuk dalam hal menyambuy hadrinya IKN.

“Yang mau tidak mau meminta kita menyampaikan potensi investasi yang berada di Daerah pemerintahan kita. Seperti adanya potensi yang digambar dari Kawasan Industri Buluminung (KIB),” sebutnya.

Baca Juga:   Turnamen Basket 3x3 Pertama di PPU Resmi Dibuka
Sekkab PPU, Tohar diwawancarai usai kegiatan. (Dedy/RadarMedia)

Menurutnya, pengembangan kawasan itu membutuhkan aspek luar pemerintah. Agar Pemkab PPU yang memiliki kebijakan melakukan ploting ruang untuk investasi industri di sana efektif.

“Berarti ada peluang bagi siapapun berinvestasi. Di situlah ruang yang disediakan pemerintah,” tegas Tohar.

Lanjutnya, dari 10 persen ruang KIB hanyalah kawasan pelabuhan yang secara tidak langsung di bawah kendali Pemkab PPU. Kemudian sisanya dari sekira luasan 70 hektare, merupakan area ploting aspek industri yang bisa dieksplorasi.

“Jadi kebijakan pemerintah terhadap ruang daerah itulah, untuk kegiatan perindustrian yang dapat dikembangkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha Badan Otorita IKN, Indra Yuwana turut hadir mewakili Kepala Otorita IKN. Dalam kesempatan ini ia menyampaikan bahwa tugas Otorita IKN telah mulai melakukan pembangunan dan pemindahan IKN dan mulai melakukan pengembangan.

“Bersinergi dengan KADIN sangat dibutuhkan, agar potensi di PPU sebagai daerah industri dapat lebih pesat,” katanya.

Semenjak dibentuknya Otorita IKN, sambungnya, KADIN telah dianggap sebagai mitra strategis dari Otorita yang mengelolah perindustrian. Oleh karena itu ia meyakini peran aktif KADIN PPU sangatlah dibutuhkan untuk menyukseskan pemindahan IKN ini.

Baca Juga:   Buka Stan Layanan Kesehatan di Balikpapan, Promag Kampanye Gerakan 1 Juta Kebaikan

“Sehingga proses pembangunan infrastruktur dapat melakukan akselerasi dan memikirkan peluang yang di tangkap dan di lakukan melalui KADIN Kabupaten Penajam Paser Utara,” tutup Indra. (ADV/NRD/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER