spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Separuh Calon Petahana Tumbang, Hasil Pilkades Serentak Paser Versi Apdesi

PASER– Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Paser 2022 masih menunggu rekapitulasi akhir hasil pemungutan suara di 72 desa yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan.
Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser, Finandar Astaman, berdasarkan pelaksanaan Pilkades pada Rabu (30/11/2022).

“Kami belum bisa merilis hasil resmi Pilkades karena masih menunggu hasil rekapitulasi resmi dari panitia masing-masing kecamatan,” kata Finandar Astaman, Kamis (1/12/2022).

Finandar menyebut, Pilkades berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan. Pelaksanaannya juga dipantau unsur Forkopimda di sejumlah TPS di Kecamatan Tanah Grogot dan Pasir Belengkong.

Panitia juga melaporkan penyelenggaraan Pilkades di Paser kepada Kementerian Dalam Negeri. Hasil hitung cepat Pilkades di 72 desa pada hari H pemungutan suara, sudah tersebar luas di jejaring media sosial.

“Yang jelas hasil yang tersebar itu bukan hasil resmi dari panitia Pilkades Kabupaten,” ucap Finandar.

Terpisah, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Paser, M Nasri mengatakan, berdasarkan hasil pemantauannya, cukup banyak calon kepala desa dari petahana tidak terpilih.

Baca Juga:   Penghargaan Ekspose dan Workshop IDM Tahun 2022

“Banyak petahana yang tumbang. Dari 44 calon kades dari petahana, hampir separuhnya tidak terpilih lagi di Pilkades serentak tahun ini. Yang tak terpilih 20 orang dan yang bertahan 24 orang,” ujar Nasri. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER