spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Semarakkan Hari Jadi PPU, DLH Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah

PPU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Penajam Paser Utara (PPU) akan gelar lomba kebersihan lingkungan di tingkat sekolah se-PPU. Lomba ini dalam rangka memperingati hari jadi Pemkab PPU yang akan bertepatan pada 11 Maret 2024.

Kepala DLH PPU, Tita Deritayati mengatakan lomba ini sebagai upaya peningkatan kesadaran lingkungan di tingkatan pelajar. Lomba ini dalam penilaiannya bukan hanya terkait kebersihan sekolah saja, namun mencakup aspek-aspek lainnya.

“Disekolah-sekolah juga kita lombakan. Lomba kebersihan sekolah tetapi kriteria penilaiannya juga ada yang berkaitan dengan lingkungan,” terangnya.

Ia jelaskan, sekolah dalam hal ini merupakan lembaga yang berperan penting dalam menumbuhkan kesadaran di tingkatan pelajar. Menurutnya, penting bagi sekolah dan DLH PPU melakukan kolaborasi dalam melakukan kegiatan peningkatan kesadaran lingkungan ini.

“Apalagi kita bikin lomba kebersihan sekolah, indikatornya sama saja mengenai tentang lingkungan sekolah, pengelolaan sampah, terkait dengan lingkungan sekolah seperti toiletnya, kantinnya ada kebijakan pengelolaan plastik sekali pakai,” jelasnya.

Tita menjelaskan, salah satu aspek yang penting dalam penilaian lomba ini adalah pengelolaan sampah. Baik terkait dengan bagaimana sekolah menerapkan pengelolaan sampah organik dan anorganik, juga terkait upaya pengurangan sampah.

Baca Juga:   Apresiasi Gerakan Pasar Murah, Syahruddin; Langkah Nyata Pemerintah di Lapangan

“Kemudian, kesehatan lingkungan, kondisi toilet sekolah, kebersihan ruang kelas, dan penanganan limbah cair, kebijakan lingkungan, adanya kebijakan pengelolaan plastik sekali pakai di kantin dan upaya untuk menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan,” sebutnya.

Tita berharap lomba ini akan mampu mendorong kebiasaan para pelajar untuk berperilaku sadar lingkungan. Terlebih, kegiatan ini berupaya untuk mengintegrasikan aspek kebersihan dan kepedulian lingkungan. Harapannya mulai dari pelajar akan berdampak pada lingkungan sekitarnya jika sampai ke rumah-rumah pelajar.

“Hal ini sejalan dengan upaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan berkelanjutan,” pungkas Tita. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER