spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seluruh Pegawai Pemkab PPU Disiapkan Hadapi Tahun Anggaran 2024

PPU – Memasuki akhir 2023, seluruh unit kerja di Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) diminta untuk memastikan semua program kerja tuntas. Sejalan dengan menghadapi tugas pekerjaan yang telah menanti di tahun depan.

Hal ini ditegaskan Sekkab Tohar saat memimpin apel bersama seluruh jajaran pegawai di Pemkab PPU pasca libur Natal 2023, Rabu (27/12/2023) di lapangan Kantor Bupati PPU ini.

Adapun beberapa pesan juga turut disampaikan. Khususnya pesan kepada para pegawai dalam menyelesaikan penghujung 2023 dan mengawali tahun 2024. Ia meminta setiap perangkat daerah dapat menyelesaikan dengan tuntas segala kegiatan, termasuk yang berkaitan dengan realisasi anggaran 2023.

“Hari ini Kita sudah berada di penghujung tahun anggaran. Kita yang hadir pada hari ini hampir dapat dipastikan pula sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengelola dan pelaksana program dan kegiatan Tahun Anggaran 2023. Pastikan bapak ibu sekalian, program dan kegiatan yang sudah berjaan atau hampir berakhir karena terikat dengan frame waktu, seluruh program dan kegiatan telah baik dan benar,” ungkapnya.

Baca Juga:   Kewenangan Izin Pertambangan Ada di Pusat, Persulit Pemkab PPU Lakukan Penyelesaian Dampak Lingkungan

Kedua, ia meminta untuk dapat menyempurnakan aspek administrasi maupun fisik. Baik dari segi manajemen proyek maupun manajemen kegiatan.

Seluruh unit kerja ditegaskan untuk dapat memastikan kembali hubungan pemilik pekerjaan dengan penyedia jasa, baik jasa konstuksi, konsultasi atau pun supervisi. Termasuk peran PPTK sebagai perpanjangan tangan PPK dalam mengawal kegiatan di lapangan agar benar-benar sesuai kuantitas dan kualitas pekerjaannya.

Utamanya perangkat daerah yang melaksanakan program bersifat fisik. Tohar meminta agar benar-benar dipastikan agar ditinjau kembali mulai dari aspek proyek hingga aspek manajemen kegiatan.

“Aspek administrasi bapak ibu sekalian masih ada waktu walau tidak panjang untuk melakukan konsultasi dan konsuldasi untuk bisa menyempurnakan. Silakan lakukan koreksi andaikan ada kekurangan dan kelemahan segera lakukan penyempurnaan,” tegasnya.

Ketiga, memasuki tahun 2024, seluruh perangkat daerah dapat merencanakan program atau kegiatan dengan matang. Agar pelaksanaan kegiatan juga dapat berjalan dengan baik tanpa perubahan yang signifikan.

Utamanya dari aspek dokumen perencanaan program dan kegiatan yang telah tertuang dalam APBD 2024. “Karena bahwa dalam waktu tidak lama lagi semua di unit kerja akan menerima dokumen pelaksanaan anggaran,” ujarnya.

Baca Juga:   Ratusan Pekerja Rentan Terjamin BPJS Ketenagakerjaan dari Pemkab PPU

Terkait ini, catatan yang diberikan ialah untuk mempelajari dengan benar dokumen daftar pelaksanaan anggaran (DPA) yang diterima. Lalu kenali dan pahami program dan kegiatan yang tertuang dalam DPA yang ada tersebut.

“Programnya apa, kegiatannya apa, sub kegiatannya apa, lokasinya di mana, inputnya apa, prosesnya bagaimana, outputnya apa yang diharapkan, rekening belanjanya apa saja. Kenali itu bapak ibu sekalian,” ucap Tohar.

Ia menyebut tidak menutup akan adanya perubahan, tetapi yang diharapkan adalah perencanaan yang matang. Sehingga tidak langsung terjadi perubahan beberapa saat setelah DPA baru diterima.

“Hakikat apel pada hari ini adalah sebagai pengawasan manajemen sumber daya aparatur yang ada di bawah kendali di masing-masing pimpinan unit. Terkait kekuatannya dengan jumlah personel, dapat dipastikan ada keyakinan untuk siap untuk melaksanakan tugas-tugas,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER