spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Satpol-PP PPU Sinergi Jaga Keamanan Lebaran dalam Operasi Ketupat Mahakam 2023

PPU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Penajam Paser Utara (PPU) turut bersinergi dalam menjaga keamanan wilayah selama Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah tahun ini. Dengan bekerja sama dan bergabung dalam personel gabungan Operasi Ketupat Mahakam 2023, Polri dan pemangku kepentingan terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan yang lebih optimal selama 14 hari melalui operasi intensif mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Kepala Seksi Pengawalan dan Penjagaan Satpol-PP PPU, Nasrullah menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan personel dalam operasi ini. Operasi ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama masa lebaran, termasuk kerawanan lalu lintas yang berkaitan dengan kecelakaan dan kemacetan, kerawanan tindak pidana, dan bencana alam.

“Terkait pengamanan lebaran tahun ini, kami mendukung kerjasama dan terlibat dalam pengamanan terpadu,” ujarnya, Kamis (20/4/2023).

Operasi ini diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) pada tanggal 10-16 April 2023 dan dilanjutkan dengan operasi pada tanggal 2-9 Mei 2023. Terdapat 12 pos pengamanan (pospam) terpadu dinas, dua di antaranya adalah posko operasi pelayanan di Tunan dan posko terpadu di Pelabuhan Penajam, Kecamatan Penajam.

Baca Juga:   Datang ke PPU, Irwan Fecho Bawa Aspirasi Normalisasi DAS Tunan ke Pusat

“Kami juga memberikan pelayanan terhadap masyarakat terkait ketertiban umum. Ada beberapa titik pos Polres PPU. Mulai di pelabuhan feri, petung, Kami juga terlibat di sana dalam 24 jam bersama TNI Polri, dinas perhubungan, BPBD, dan lainnya,” sebut Nasrullah.

Di sisi lain, ada 10 posko pengamanan yang diberlakukan selama jam kerja pada H+1 Lebaran. Yakni, Pospam Pantai Nipanipah, Pospam Pantai Amal, Pospam Pantai Tanjung Jumlai, Pospam Simpang III Tanjung Jumlai-Kompi B, Pospam Simpang III Pantai Corong, Pospam Jembatan Pulau Balang, Kecamatan Penajam, Pospam Api-Api, Kecamatan Waru, Pospam Wisata Kolam Renang Babulu Darat, Kecamatan Babulu, dan Pospam Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku. Mulai dari Istana Amal, Pantai Sipakario Nipah-Nipah, Pantai, Tanjung, Pantai Corong dan beberapa lagi. Totalnya ada 8 pos.

“Di samping itu, Kami juga bersama dengan UNI Polri di pos pengamanan tempat wisata. Itu masih dalam operasi ketupat ini, Kami bersama personel gabungan,” katanya.

Dalam Ops Ketupat Mahakam 2023, keterlibatan personel operasi gabungan berjumlah 259 orang, terbagi antara 164 polisi dan 95 instansi terkait. Adapun dari jumlah itu, sekira 30 personel yang disiagakan berasal dari 8 regu yang ada dalam Satpol-PP PPU.

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU Dorong Peran Keluarga untuk Turunkan Prevelansi Stunting

“Harapannya, momen lebaran ini dapat dinikmati dengan aman dan nyaman. Jauh dari gangguan ketertiban. Semoga ini dapat membawa dampak untuk situasi di PPU,” tutup Nasrullah. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER