spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rivitalisasi Pasar Jelang IKN, Pemkab PPU Kerjasama dengan Inkoppas

PENAJAM – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) bekerjasama dengan Induk Koperasi Pasar (Inkoppas). Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mengoptimalisasi fungsi pasar di PPU.

Bupati PPU Hamdam Pongrewa menuturkan kondisi pasar di daerah berjuluk Benuo Taka ini belum seluruhnya optimal. Sementara, PPU sebagai lokasi yang bersebelahan langsung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) meski cepat berkembang.

Oleh karena itu, kerjasama yang terjalin antara pihaknya dan Inkoppas, akan berdampak baik terhadap pusat perekonomian di daerahnya. Inkoppas akan turut membantu PPU dalam mengoptimalkan fungsi pasar-pasar, baik melalui revitalisasi dan hal lainnya.

“Kerjasama ini tentu akan memberi manfaat, terkhusus untuk para pelaku-pelaku pasar di PPU,” ungkapnya baru-baru ini.

Ia menyebutkan kondisi beberapa pasar di PPU saat ini masih ada yang perlu perbaikan, bahkan butuh untuk direlokasi. Di antaranya pasar induk di masing-masing kecamatan.

Yakni di Penajam dan Sepaku, Waru dan Babulu, baik pasar milik pemerintah, maupun pasar milik perorangan atau pihak ketiga. “Makanya kita berharap ini kondisi pasar kita semakin baik dengan adanya kerjasama ini,” tandasnya.

Baca Juga:   TPS Khusus Bakal Disiapkan untuk Pekerja IKN

Hamdam meyakini lewat kerjasama ini bisa berdampak baik juga untuk masyarakat. Selain itu juga dapat menjadi lokasi pemasaran yang baik untuk produk lokal.

“Jika telah bekerjasama dengan Inkoppas, setidaknya kondisi pasar yang merupakan pusat ekonomi daerah itu, bisa lebih tertata dan memberikan dampak ekonomi yang memadai bagi masyarakat,” jelas Hamdam.

Sementara itu, Ketua Umum Inkoppas Yudianto Tri mengatakan, pihaknya cukup berbangga, dengan kerjasama yang terjalin. Dipilihnya PPU lantaran merupakan daerah asal IKN, dan memiliki potensi ekonomi yang bisa dimanfaatkan, seiring pindahnya ibu kota baru ke sebagian wilayah PPU.

“Melihat pembangunan ibu kota negara dan juga potensi dan kondisi kabupaten PPU sangat luar biasa Inkoppas siap membantu,“ terangnya.

Menurutnya hal ini merupakan langkah awal untuk menyatukan visi misi antara Pemkab PPU, Inkoppas juga pihak Otorita IKN. “Semoga dengan ini kita bisa bersinergi kedepannya,” pungkas Yudianto. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER