spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan Pelajar PPU Ikuti Seleksi Paskibraka 2023

PPU – Ratusan peserta mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Penajam Paser Utara (PPU) yang dimulai hari ini, Rabu, (22/2/2023). Seleksi Paskibraka di Benuo Taka ini digelar Pemkab PPU melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) PPU.

Kegiatan dipusatkan di Markas Kompi Senapan C Yonif Raider Penajam, Petung di Kecamatan Penajam dilaksanakan selama 2 hari sampai 23 Februari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk persiapan menyambut Hari ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) tahun ini.

Kepala Kesbangpol PPU, Agus Dahlan mengatakan seleksi tingkat kabupaten tersebut diikuti 152 orang peserta. Terdiri dari 76 orang Putra dan 76 orang Putri SMA dan SMK se-PPU.

“Justru Ini adalah hal baru yang dilakukan Kesbangpol dikarenakan adanya peralihan dari Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) PPU. Yang sesuai dengan PP 51 Tahun 2022 Dan Peraturan nomor 3 PPIP Tahun 2022 tentang Paskibraka, dialihkan ke Kesbangpol,” ungkapnya.

Lanjutnya, ada beberapa tahapan yang harus diikuti para peserta seleksi. Pertama mulai dari pemeriksaan berkas kelengkapan calon. Kedua tahap tes kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, tensi serta terkait kesehatan lain.

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU Terus Sosialisasikan pencegahan KTP/A serta TPPO

“Jika dalam test awal dan kedua ini tidak memenuhi maka akan langsung gugur. Setelah itu baru lanjut ditahapan selanjutnya terkait kesamaptaan berupa test fisik dan test peraturan baris berbaris (PBB),” jelas Agus.

Pengukuran tinggi badan dan pemeriksaan kesehatan calon paskibraka PPU. (Dedy/RadarMedia)

Adapun tim seleksi dalam proses tahapan ini melibatkan Kodim 0913/PPU, Kompi Senapan C Yonif Raider Penajam, Puskesmas Penajam. Juga para Purna Paskibraka Indonesia (PPI) PPU dan dibantu oleh dari Kesbangpol PPU serta Disdikpora PPU, dengan total 25 orang.

Lebih lanjut, dari 152 peserta yang mengikuti seleksi, nantinya akan dipilih 32 orang. Terdiri atas 16 orang putra dan 16 orang putri yang akan lolos mengikuti pelatihan Paskibraka PPU.

“Selain itu PPU juga akan mengirim 2 orang putra dan 2 orang putri terbaik untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi, jadi total keseluruhan 36 orang,” terangnya.

Kepala Kesbangpol PPU, Agus Dahlan. (Dedy/RadarMedia)

Ia berharap, walaupun ini adalah hal yang baru dilakukan oleh Kesbangpol PPU, pihaknya memastikan akan bekerja semaksimal mungkin. Sesuai dengan ketentuan yang ada, agar peserta yang telah lolos nantinya dapat memberikan kemampuan terbaiknya untuk dapat mengibarkan dan menurunkan sang bendera merah-putih di 17 Agustus mendatang.

Baca Juga:   Pemkab PPU Minta Kejelasan Regulasi Soal Penghapusan THL

“Justru tidak lepas dari pelatih-pelatih terbaik serta tim panitia yang turut membantu nanti,” tutup Agus. (ADV/NRD/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER