spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pulanglah dengan Tenang, Pejuang Literasi Nirwan Ahmad Arsuka

Catatan oleh: Penggerak Komunitas Gemar Belajar Penajam Paser Utara, Achmad Fitriyadi

Tujuh Agustus 2023 memberikan warna hitam kelam dan kelabu bagi Penggerak Literasi Penajam Paser Utara (PPU) dengan Komunitas Gemar Belajar (Gembel). Dengan mendapatkannya informasi dari grup WathsApp Pustaka Bergerak, yang menghimpun semua penggerak litrerasi dari Sabang sampai Merauke. Berupa Kabar Duka Berpulangnya Tokoh Literasi Nasional Nirwan Ahmad Arsuka pada hari ini.

Beliau bergerak dengan mendistribusikan buku-buku bacaan kepedalaman di pelosok Negeri. Beliau juga adalah penulis esai tentang ilmu dan kebudayaan.

Banyak kenangan dan sejarah yang almarhum ukir dengan bergeraknya membentuk Pustaka Begerak dan membangun semangat bagi penggerak atau yang saya sebut juga sebagai pejuang literasi.

Almarhum meninggalkan kenangan baik dan kerja-kerja mulia. Sehingga para pejuang literasi Negeri ini merasa sangat kehilangan. Beliau wafat di usia 57 tahun, di RSCM Jakarta.

Pustaka Bergerak adalah jejaring warga yang sukarela bekerja untuk membangun kemandirian masyarakat setempat, untuk menyebarkan buku-buku secara gratis. Terutama di daerah dengan transportasi yang sulit tanpa perpustakaan umum.

Baca Juga:   Kampung Proklim di PPU Bertambah 11 Kelurahan/Desa

Komunitas Gembel PPU turut kehilangan tokoh besar seperti almarhum. Baru beberapa bulan yang lalu mendapatkan hadiah kendaraan roda dua dari Pustaka Bergerak, yang diinisiasi dari Bang Dahri Dosen Fakulas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman.

Saya, Achmad Fitriady sebagai penggerak Gembel PPU menyampaikan sangat-sangat bersedih dan kehilangan amat teramat. Walaupun belum sempat bertamu dan bertemu, tapi dengan hadiah yang diberikan tersebut adalah ikatan secara emosional

‚ÄúSelamat jalan Pejuang Literasi ‘Nirwan Ahmad Arsuka’ ragamu mungkin sudah tak bernyawa, tetapi jiwa dan semangatmu akan terus membara di hati Kami,” (*)

Achmad Fitriyadi (tengah) saat penerimaan hadiah motor dari Pustaka Bergerak Indonesia.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER