spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Promosikan VLR SDGs Nusantara di Thailand, Otorita IKN Berbagi Pengalaman pada Komunitas Global

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) promosikan Voluntary Local Reviews (VLR) Sustainable Development Goals (SDGs) Nusantara di Asia-Pacific Forum on Sustainable Development (APFSD) yang digelar di United Nations Conference Center, Bangkok, Thailand. Acara ini berlangsung dari 20-23 Februari 2024.

Pada kegiatan ini Otorita IKN berkesempatan untuk berbagi pengalaman kepada komunitas global. Pada Rabu (21/02/2024), Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono menyampaikan country intervention dalam rapat Agenda Item 3: Accelerating the Implementation of the 2030 Agenda through Voluntary National Reviews. Ia mengatakan bahwa Nusantara akan memiliki VLR untuk meninjau pencapaian SDGs di tingkat lokal.

“Dengan melokalisasi SDGs, kami tidak hanya menyinkronkan agenda global dan nasional, namun kami juga memberikan jalan bagi pemerintah daerah untuk mendukung pencapaian SDGs melalui pendekatan dari bawah ke atas (bottom up),” ujar Bambang, Rabu (21/02/2024).

Pada Kamis (22/02/2024), secara resmi Otorita IKN meluncurkan tinjauan awal VLR SDGs Nusantara. Dalam acara ini turut dihadiri Under-Secretary-General of the United Nations and Executive Secretary of ESCAP, Armida Salsiah Alisjahbana, Head of UN Resident Coordinator’s Office in Indonesia, Afke Bootsman dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman.

Baca Juga:   Bijak Dorong Alokasi Anggaran Perbaikan Lapangan Petung

Bambang mengatakan, VLR ini memegang peranan penting bagi Nusantara, karena tinjauan ini merupakan sebuah Langkah awal untuk membangun kota berkelanjutan pada tahun 20245. Namun juga sebuah lompatan dalam perjalanan untuk mengintegrasikan Nusantara ke dalam Upaya global untuk mencapai SDGs yang digariskan dalam Agenda 2030.

Selain itu, Otorita IKN juga membuka stan untuk memamerkan progress pembangunan IKN kepada para pengunjung yang mengikuti APFSD ke-11 ini.

“Kita sedang melakukan pameran untuk memperlihatkan progres pembangunan di IKN dan yang kedua berkaitan dengan bagaimana Otorita IKN ini punya komitmen dalam pelaksanaan SDGs yang kita tuangkan dalam VLR,” ujar Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Diani Sadiawati.

Diani juga menekankan bahwa pameran kali ini bertujuan untuk menyampaikan komitmen Otorita IKN dalam melaksanakan SDGs. Terlebih, di Nusantara akan memiliki VLR SDGs yang berbeda dari yang lain.

“VLR itu adalah suatu prinsip kesukarelaan dari setiap negara atau kota untuk menyampaikan pelaksanaan yang berkaitan dengan SDGs. Ini yang berbeda di IKN, karena IKN ini baru, daerah baru,” terangnya.

Baca Juga:   Bapelitbang PPU Susun Perencanaan Pengendalian Inflasi Daerah dari PDRB 2023

Salah satu pengunjung stan, Charlene Claret, mengungkapkan bahwa ia terkejut setelah mendapatkan penjelasan mengenai Nusantara. Menurutnya, pembangunan Nusantara ini akan membuka banyak peluang bagi Indonesia.

“Saya pikir ini adalah peluang besar untuk pembangunan berkelanjutan. Ada banyak potensi untuk mitigasi perubahan iklim, untuk memastikan keberlanjutan ibu kota baru yang akan bermanfaat tidak hanya untuk Nusantara tapi juga lingkungan,” tutur Charlene.

Selain itu, Troy Pantouw, Staff Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Juru Bicara OIKN menegaskan keikutsesertaan OIKN dalam kegiatan internasional ini sangat penting. Khususnya untuk menyebarluaskan informasi tentang kegiatan pembangunan fisik dan non-fisik yang sedang berlangsung secara aktif.

“Diharapkan juga akan menarik minat berbagai pihak dari berbagai lembaga pemerintah maupun swasta maupun komunitas internasional untuk turut mendukung pembangunan Nusantara sebagai kota dunia untuk semua,” tutup Troy. (*/rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER