spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Personel Gabungan Amankan Titik Nol IKN, Bakal Dikunjungi Delegasi KTT G20

PENAJAM– Pasukan gabungan TNI/Polri melakukan pengamanan menjelang kunjungan delekasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (12/11/2022). Sebanyak 140 personel gabungan dari unsur TNI/Polri dari jajaran Kodim 0913 dan Polres PPU dipersiapkan untuk mengamankan para anggota delegasi G20.

Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi mengatakan, kunjungan ke IKN merupakan rangkaian kegiatan G20. Adapun kegiatan puncaknya akan dilaksanakan pada 15 November 2022 mendatang.

“Kita melaksanakan pengamanan ini merupakan tugas negara. Sesuai dengan tugas pokok kita wajib melakukan pengamanan seperti halnya mengamankan presiden dan wakil presiden,” katanya.

Dalam kegiatan kali ini, lanjut Arfan, delegasi yang akan hadir berasal dari Korea Selatan, Argentina, Amerika Serikat, Myanmar, Jepang, dan Venezuela.

“Delegasi yang akan datang setingkat menteri. Pelaksanaan pengamanan sama halnya seperti kunjungan kenegaraan RI 1 kemarin,” ucapnya.

Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan menambahkan, pengamanan dari personel gabungan jajaran TNI dilakukan mulai dari Pelabuhan Semayang sampai ke Titik Nol IKN, lokasi kunjungan.

Baca Juga:   Pembangunan IKN, Upaya Pemerintah Percepat Transformasi Ekonomi

“Kemudian dari titik nol IKN Nusantara menuju land development sekitar 20 menit kemudian bergeser ke rumah susun. Setelah itu dilanjutkan pengamanan kepada delegasi saat berkunjung ke Digital Village di Bukit Raya jika tidak ada perubahan jadwal,” jelasnya.
Dalam pengamanan ini, personel gabungan diinstruksikan untuk menjaga ketertiban dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan. Karena beberapa titik yang dikunjungi itu masuk kawasan proyek strategis nasional, serta kawasan objek vital nasional. Seperti di wilayah Trunen, Bukit Raya hingga Bendungan Semoi.

“Pergerakan pengamanan cukup ada di simpul-simpul. Para personel harus siap jika ada perubahan jadwal. Personel juga ada yang melakukan tinjaun lokasi yang akan dikunjungi delegasi tersebut,” pungkasnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER