spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringati HPSN 2024, DLH PPU dan PT Adhi Karya Bersih Pantai dan Tanam Mangrove

PPU – Komitmen untuk menjaga lingkungan hidup yang sehat dan bersih dari sampah terus ditunjukkan Pemkab Penajam Paser Utara (PPU). Salah satunya yakni kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU dengan PT Adhi Karya (pesero) Tbk dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024.

Kegiatan ini mengusung tema; Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif. Sekkab Tohar hadir mewakili Pj Bupati PPU Makmur Marbun dalam kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove dan penyerahan bibit mangrove secara simbolis. Serta kegiatan aksi bersih pantai bersama pelajar di Pantai Sipakario Nipah-Nipah.

Usai kegiatan, ia mengatakan adanya kegiatan ini tentu mengingatkan kembali kepedulian kolektif. Karena pantai jika tidak ada mangrovenya, tentu tidak cantik dan indah serta aman.

“Oleh karena itu, inilah yang bisa diperbuat dalam rangka menghidupkan pantai, ekosistem dan habitat laut dengan cara menanam mangrove atau tumbuhan bakau,” ungkapnya.

Upaya yang baik ini tentu juga memerlukan dukungan dari masyarakat, khususnya yang ada di sekitaran pesisir. Tidak harus dengan melakukan penanam, namun lebih pada menjaga kawasan mangrove yang ada ini tidak rusak.

Baca Juga:   KONI PPU Persiapkan 15 Atlet untuk Berlaga di PON 2024

“Kegiatan ini harapan kita jangan sampai berhenti menanam. Tetapi tetap dilanjutkan dengan pemantauan dan pemeliharaan, karena itu penting. Jangan sampai ada suatu bagian yang ingin menghidupkan wisata pantai dengan menanam mangrove dan ada pula suatu bagian diantaranya yang tidak terlibat tetapi tidak peduli bahkan merusak,” beber Tohar.

Oleh karena itu, hal ini harus menjadi tanggung jawab bersama. Pun dalam menumbuhkan kepedulian yang dapat menumbuhkan daya dukung lingkungan untuk mendapat manfaat besar.

Terlebih dalam momentum HSPN 2024 ini, dapat menjadi bentuk komitmen bersama atas kepedulian dalam mengelola sampah dengan baik. Mendukung pula kemajuan daerah menjadi Serambi Nusantara, yaitu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Terima kasih kepada jajaran PT Adhi Karya yang telah berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup bagian dari Pemerintah Kabupaten PPU. Mudah-mudahan kolaborasi ini bisa dikembangkan lebih jauh,”pungkas Tohar. (ADV/DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER