spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Percantik Wajah Songsong IKN, Pemkot Samarinda Gelontorkan Rp 5 Miliar untuk Trotoar Kota

Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda hingga saat ini terus melakukan perbaikan dan penataan infrastruktur trotoar. Bahkan diketahui jika Pemkot Samarinda melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan menganggarkan sebanyak Rp 5 miliar guna mempercantik sejumlah ruas jalan.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas PUPR Kota Samarinda, Desy Damayanti saat dikonfirmasi awak media, Selasa (13/12/2022).

Desy mengungkapkan bahwa dana sebesar Rp 5 miliar itu didapatkan dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Untuk anggaran pekerjaan trotoar itu sekitar Rp5 miliar berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Kaltim,” ucap Desy.

Desy menyebutkan bahwa trotoar yang akan dilakukan perbaikan yakni di kawasan perkotaan, seperti Jalan Basuki Rahmat, Jalan Agus Salim, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Pahlawan.

“Akan dilakukan secara bertahap nantinya,” ungkapnya.

Dirinya mengaku akan lebih dulu menggunakan anggaran tersebut untuk mempercantik ruas jalan di tengah kota.

“Seperti pengecatan, pengadaan kursi dan penataan taman di sekitar trotoar. Jalan protokol yang akan dipercantik seperti trotoar di Jalan Kusuma Bangsa yang memiliki lebar kurang lebih 3 meter,” jelasnya.

Baca Juga:   Hudi Gantikan Ilham Pimpin Lapas Samarinda

Desy memaparkan, bahwa kini pihaknya tengah proses mematangkan dan asistensi penganggaran secara detail terkait dengan rencana tersebut.

Ia juga mengaku akan berkoordinasi dengan bidang terkait untuk tindak lanjut pekerjaan peningkatan trotoar.

“Ini permintaan langsung dari Wali Kota Samarinda. Sebagai Ibu Kota Kaltim, Samarinda harus tampil bagus sebagai wajah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” pungkasnya. (Vic)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER