spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perbaikan Runway Bandara Molor, Penumpang dari Samarinda Dialihkan ke Balikpapan

SAMARINDA – Empat penerbangan dari Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda pada Jumat (2/12/2022) terpaksa dialihkan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.
Penyebabnya, perbaikan landas pacu (runway) yang tidak selesai sesuai jadwal.
Bahkan, operasional Bandara APT Pranoto di Samarinda sempat ditutup sekitar empat jam.
Dikutip dari merdeka.com, empat penerbangan itu adalah Batik Air rute Jakarta, dua maskapai Citilink dan Super Air Jet tujuan Surabaya, dan Wings Air tujuan Berau.
Pengalihan penerbangan dari Samarinda menuai protes para calon penumpang. Mereka tidak tahu adanya penundaan penerbangan disebabkan perbaikan runway.
Sempat menunggu lama sejak pagi, pihak bandara maupun maskapai tidak segera memberitahukan adanya perbaikan runway dan mengalihkan ke Bandara SAMS Balikpapan.
Akhirnya usai menerima kabar, calon penumpang dialihkan untuk terbang melalui Bandara SAMS Balikpapan. Mereka baru diberangkatkan ke Balikpapan siang harinya.
“Kami sebagai penumpang merasa sangat dirugikan, apalagi tidak ada penberitahuan sebelumnya,” ujar salah seorang penumpang yang menolak menyebutkan namanya.
Kepala Seksi Teknik dan Operasi Bandara APT Pranoto Dwi Muji Raharjo membenarkan penerbangan dari dan ke Bandara APT Pranoto dialihkan ke Bandara SAMS Balikpapan.
“Ada kegiatan perbaikan runway belum selesai karena trouble alat jadi belum bisa diselesaikan. Seharusnya selesai tadi malam, pagi belum selesai,” kata Dwi Muji Raharjo dalam pernyataannya saat dikonfirmasi niaga.asia, Jumat (2/12/2022).
Sesuai standar operasional prosedur (SOP), Air Nav Indonesia mengeluarkan Notice to Airmen (NOTAM) penutupan runway bandara mulai pukul 07.00 Wita sesuai dengan jam operasional bandara.
“Harus kita NOTAM-kan untuk keselamatan penerbangan,” ujar Dwi Muji Raharjo.
Sebagai alternatif, ada empat penerbangan menuju dan dari Samarinda dialihkan ke Bandara SAMS Balikpapan. Seperti Batik Air yang melayani rute Jakarta (CGK)-Samarinda (AAP)-Jakarta (CGK).
Selain itu juga dua maskapai Citilink dan Super Air Jet yang melayani rute Surabaya (SUB)-Samarinda (AAP)-Surabaya (SUB), serta Wings Air yang melayani rute Berau (BEJ)-Samarinda (AAP)-Berau (BEJ).
“Prosedurnya bandara Balikpapan sebagai alternatif kalau ada apa-apa (di Samarinda). Begitu juga sebaliknya. Hanya penerbangan pagi saja yang dialihkan, dan yang penerbangan siang normal,” kata Dwi Muji Raharjo menerangkan.
Operasional runway Bandara APT Pranoto kembali normal pukul 13.00 Waktu Indonesia Tengah, dan kembali didarati pesawat untuk melakukan penerbangan berikutnya dari Samarinda.
“Untuk calon penumpang penerbangan pagi yang sudah telanjur datang ke bandara Samarinda, sudah kita antar ke Balikpapan,” ujarnya.
Masih disampaikan Dwi Muji Raharjo, seharusnya pengerjaan perbaikan runway selesai pukul 05.00 Waktu Indonesia Tengah. Namun kendala peralatan, memundurkan waktu pekerjaan perbaikan runway sehingga tidak bisa didarati pesawat.
“Jadi keluar NOTAM untuk alasan keselamatan penerbangan. Per jam 1 siang ini sudah normal kembali,” ujar Dwi Muji Raharjo. (mk)

Baca Juga:   Pj Bupati PPU Komitmen Sinergi Forkopimda untuk Pemerintahan Berjalan dengan Baik
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER