spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perbaikan Jalan MT Haryono Molor, Penutupan Diperpanjang

BALIKPAPAN – Warga Kota Balikpapan terpaksa harus bersabar menghadapi kemacetan arus lalu lintas di kawasan Jalan MT Haryono. Pasalnya, penutupan ruas jalan MT Haryono tepatnya depan Global Sport diperpanjang hingga Jumat (17/2/2023) mendatang.

Penutupan jalan karena proyek peninggian badan jalan ini telah berlangsung sejak 28 Januari lalu dan rencana awal dibuka 11 Februari kemarin. Namun hingga Selasa (14/2/2023), jalan itu belum dibuka.

Dari informasi yang dihimpun, Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan dan dinas terkait menggelar rapat membahas hal tersebut. Ketika dikonfirmasi, Asisten 1 Sekretariat Daerah Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, kontraktor diminta untuk membuka akses kendaraan roda dua, pada 17 Februari nanti. Selanjutnya jalan akan dibuka satu arah pada 20 Februari.

“Kami minta kesanggupan kontraktor. Kami minta untuk menyanggupi 20 Februari nanti bisa dibuka satu jalur dulu dan 17 Februari sudah bisa dilalui kendaraan roda dua,” ujarnya, Selasa (14/2/2023).

Adapun alasan perpanjangan penutupan jalan karena pekerjaan yang termasuk proyek Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal itu belum rampung. Berdasarkan paparan Dinas PU, ada tiga hal yang menjadi kendala dalam pengerjaan proyek tersebut seperti teknis operasional, pemasangan Box Culvert di luar perencanaan dan mobilisasi tanah timbunan yang terhalang faktor cuaca.

Baca Juga:   Dramatis, Bridge Sumbang Medali Pertama Bagi Kaltim

“Itu persoalan yang ada di lapangan, sehingga tidak bisa dibuka pada 11 Februari lalu,” jelasnya.

Seperti diketahui, kemacetan arus lalu lintas di ruas Jalan MT Haryono menjadi perhatian Pemkot Balikpapan. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan Dishub telah melakukan sosialisasi dan antisipasi, guna menghindari kemacetan panjang pascapenutupan jalan.

Dishub juga mengusulkan beberapa sekolah di kawasan tersebut untuk belajar daring atau online, selama penutupan jalan. Mengatasi kemacetan, Dishub melibatkan kekuatan penuh bersama dengan anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Balikpapan guna mengatur arus lalu lintas di kawasan tersebut. (Bom)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER