spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penghasilan Perikanan PPU Capai 14 Ribu, 30 Persen Disuplai Babulu Laut

PPU – Memenuhi sekira 30 persen total perikanan di Penajam Paser Utara (PPU), Desa Babulu Laut diusulkan menjadi Kampung Nelayan Maju ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Dinas Perikanan PPU optimistis ini akan membantu daerah dalam meningkatkan sektor perikanan.

Hasil perikanan di PPU pada 2022 untuk perikanan tangkap mencapai 6.400 ton, dan untuk perikanan budidaya mencapai 14.000 ton. Jumlah ini dianggap masih perlu ditingkatkan lagi, agar dapat memenuhi kebutuhan pangan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Harapan Kami, ketercukupan pangan melalui peningkatan produksi nelayan bisa terpenuhi. Sebagai Serambi Nusantara, kita harus menjadi penyuplai pangan utama di IKN,” ujarnya, Kamis (16/2/2023).

Pihaknya terus mendorong para nelayan untuk meningkatkan produksinya dengan bekerjasama dengan pihak ketiga baik itu dengan PT Pertamina Kalimantan Timur (PHKT) maupun pihak lainnya. Pun, menjadikan Babulu Laut menjadi Kampung Nelayan Maju yang bertujuan untuk mendorong kesejahteraan para nelayan dalam meningkatkan produksi terutama sea food. “Tahun ini kita sudah usulkan untuk di SK kan menteri KKP sebagai kampung nelayan maju,” kata Traso.

Baca Juga:   Sinergi dengan Paguyuban, Polres PPU Bantu Jaga Kenyamanan Pasar Induk Penajam

Ia menambahkan, adanya kegiatan Festival Seafood Ketiga yang digelar tahun ini juga selaras dengan program Dinas Perikanan PPU. Khususnya dalam mengampanyekan gerakan masyarakat makan ikan yang bertujuan untuk menekan angka stunting di Indonesia.

“Adanya festival ini luar biasa. Maka kami mendorong produksi dan produktivitas para nelayan untukmendukung menyiapkan bahan bakunya,” sambungnya.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) PPU untuk mengembangkan destinasi wisata. Utamanya untuk mempromosikan desa dengan berbagai potensi hasil lautnya seperti berbagai jenis ikan, kepiting, cumi dan kerang-kerangan.

“Babulu laut sangat berpotensi untuk menjadi salah satu sentra perikanan dan destinasi penghasil seafood. Kami berkomitmen untuk terus menggenjot melalui program kampung perikanan budidaya,” tutup Traso. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER