spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penghargaan Ekspose dan Workshop IDM Tahun 2022

PASER– Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser memberikan Penghargaan Ekspose Indeks Desa Membangun (IDM) pada setiap desa se-Paser, bertempat di Gedung Awa Mangkuruku, Senin (19/12/2022).

Kegiatan itu dibuka Bupati Paser Fahmi Fadli, turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, para Asisten, staf ahli, para Kepala Perangkat Daerah, Camat se- Paser, serta Ketua Apdesi Paser M Nasri.

Dalam sambutannya Bupati Paser Fahmi Fadli mengucapkan, selamat sekaligus mengapresiasi yang luar biasa kepada seluruh kepala desa di Paser yang telah berhasil membentuk dan membina serta membangun desanya masing-masing.

Hal Ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat untuk mensejahterakan masyarakat Paser menuju Paser Maju, Adil dan Sejahtera (MAS).

“Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan salah satu program pembangunan desa yang diperlukan dalam upaya mensejahterakan rakyat di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Paser,” kata Fahmi.

Dia melanjutkan, hal ini disusun untuk memberikan panduan pada pemerintah pusat, daerah dan desa sebagai salah satu basis dalam proses perencanaan pelaksanaan serta pemantauan evaluasi pembangunan desa.

Baca Juga:   Penetapan UMK 2023 Dijadwalkan Rampung Bulan ini

IDM juga sangat bermanfaat untuk pemerintah sebagai mengukur status perkembangan suatu desa sehingga rekomendasi kebijakan yang diperlukan akan lebih tepat sasaran. Itu digunakan sebagai indikator memperkuat pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah ( RPJM ).

“IDM ini juga digunakan sebagai acuan untuk melakukan aksi integrasi dan sinergi pembangunan,” jelasnya.

Dijelaskannya, di Paser saat ini tidak ada desa dalam status tertinggal dan sangat tertinggal. Dari 139 desa yang ada di Paser,¬† terdiri dari 17 Desa Mandiri, 76 desa maju dan 46 desa berkembang. “Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya,” ujarnya

Fahmi berharap pendamping desa¬† lebih ditingkatkan lagi dalam upaya pemenuhan data IDM serta kepada seluruh camat untuk terus memantau perkembangan status desa. “Tentunya selalu mengevaluasi¬† desa khususnya wilayahnya masing-masing,” tambahnya. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER