spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Siapkan Penyusunan Dokumen EPSS 2023

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) tengah mempersiapkan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2023.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU dalam hal ini telah mengadakan pertemuan persiapan dokumen EPSS. Bersama Badan Pusat Statistik (BPS) PPU dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) PPU

Sekretaris Diskominfo PPU Herlambang menuturkan pertemuan itu merupakan tindak lanjut screening kegiatan statistik sektoral terhadap tujuh perangkat daerah di PPU yang telah dimulai sejak 31 Mei 2023 lalu. Pun sinergitas atau kemitraan antar lembaga penting untuk dilakukan terkait dengan Satu Data Indonesia (SDI).

“Apalagi kita sekarang sudah menjadi Serambi Nusantara. Itu sangat-sangat memerlukan perbaikan di semua sektor termasuk di dalamnya adalah perbaikan data,” ucapnya, Sabtu (24/6/2023).

Hal ini penting guna meningkatkan kinerja pemerintah daerah menjadi lebih baik. Terlebih dengan adanya Ibukota Nusantara (IKN) di sebagian wilayah PPU nantinya.

Senada, Kepala BPS PPU Hotbel Purba menyampaikan bahwa hasil EPSS merupakan hasil dari kinerja bersama. Pada 2022, Indeks Pembangunan Statistik (IPS) PPU berada di angka 1,64 sehingga masih membutuhkan peningkatan.

Baca Juga:   Berkunjung ke PPU, BAZNAS Kaltim Arahkan Setiap Lembaganya di Tiap Daerah Berbenah

IPS ini pun merupakan salah satu penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU) pemerintah daerah. Selain itu, juga merupakan indikator kinerja BPS PPU dalam pembinaan statistik sektoral di wilayah PPU.

“Saya percaya teman-teman saya ataupun bagian saya di BPS tidak serta-merta bisa. Akan tetapi, kalau didukung oleh teman-teman saya dari Wali Data, dalam hal ini Diskominfo maupun dari Sekretariat (Bapelitbang) mungkin bisa akan lebih maju, akan bisa lebih bagus ataupun hal-hal tertentu yang bisa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Ia menyebut apabila terdapat komunikasi yang baik maka penyelenggaraan statistik sektoral ini dapat dilaksanakan dengan baik. “Harapan Saya, ada beberapa peningkatan-peningkatan yang bisa kita lakukan,” pungkas Hotbel. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER