spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Luncurkan 9 Inovasi Aksi Perubahan 2023

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) melaunching Aksi Perubahan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I 2023, Rabu (17/5/2023). Dalam peluncuran ini, terdapat 9 inovasi yang akan berproses untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap publik.

Adapun 9 pembaharuan itu merupakan gagasan dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (KPA). Pelatihan dilakukan di Puslatbang KDOD Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda.

Sekkab PPU, Tohar menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap berbagai program yang dilaunching ini. Sebab semua gagasan yang dibuat itu dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Benuo Taka.

“Di satu sisi, Saya mengapresiasi dan menghargai, mudah-mudahan ini menjadi salah satu komitmen, bahwa unsur pimpinan itu memberikan dukungan yang tidak tanggung-tanggung. Makanya ketika ada kegiatan ini, Kami fasilitasi. Sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan pertama kali di PPU. Di mana para peserta mendapatkan propertes yang akan dilanjutkan dengan pendidikan dan pelatihan (diklat) secara kolektif.

Baca Juga:   Hamdam Buka Sinyal Maju Pilkada 2024

Adapun dari sembilan peserta pelatihan tersebut, sambung Tohar, proper tersebut merupakan bagian dari salah satu tugas dalam jabatan yang saat ini diemban masing-masing.

“Harapan Kami, ketika proper ini sudah selesai, nanti didalamnya itu ada tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,” sebutnya.

Sekkab PPU Tohar saat penekanan simbol tanda launching Aksi Perubahan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator PPU Angkatan I 2023, Rabu (17/5/2023). (Robbi/MediaKaltimGroup)

Kemudian, inovasi yang diluncurkan itu dapat dilakukan berkelanjutan, bukan sekadar tahapan pelaksanaan pembuatan konsep. Namun berusaha memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Di mana tahapan itu harus dicapai oleh yang bersangkutan. Mudah-mudahan ini menjadi evidence (bukti) yang bisa dilihat dan dirasakan manfaatnya. Baik bagi yang bersangkutan dalam rangka memberikan daya dukung terhadap pelaksanaan tugas pokok jabatan, maupun dirasakan oleh penggunanya baik itu komunitas  internal maupun iksternalnya,” jelas Tohar.

Sementara itu, Kepala Puslatbang KDOD LAN Samarinda, Muhammad Aswad mengatakan kegiatan launching aksi perubahan tersebut merupakan bagian dari proses yang peserta harus selesaikan. Tentunya launching ini bukanlah kahir, namun permulaan dari komitmen yang harus dibuktikan.

“Dan ini bukan proses akhir. Bahkan ini baru terminal awal untuk menuju terminal selanjutnya,” ungkapnya.

Baca Juga:   Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan ke Masyarakat PPU Rampung Bulan Ini

Oleh karena itu, Aswad berharap adanya launching ini dapat menjadikan perubahan-perubahan di masa yang akan datang menjadi lebih baik. Sehingga sebutan aksi perubahan ini benar-benar bisa berhasil dirasakan manfaatnya.

“Untuk itu Kami berharap dukungan pemerintah daerah, baik dari Bapak Bupati maupun Bapak Sekda, terhadap aksi perubahan ini. Mudah-mudahan ini berkelanjutan sampai dengan hasil akhir dari tujuan. Sehingga bisa dirasakan manfaatnya bukan saja bagi Pemda PPU dan oleh yang bersangkutan, tetapi juga oleh seluruh masyarakat PPU,” tutupnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER