spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Gelar Berbagai Turnamen Olahraga Rangkaian Perayaan HUT Ke-22 PPU

PPU – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Penajam Paser Utara (PPU) pada 11 Maret 2024 nanti, Pemkab PPU menggelar berbagai macam kegiatan. Salah satunya ialah turnamen berbagai cabang olahraga (cabor) yang kegiatannya resmi dibuka hari ini, Rabu (28/2/2024).

Pembukaan ini dilakukan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab PPU, Nicko Herlambang, mewakili Pj Bupati PPU, Makmur Marbun, di Lapangan Tenis milik Pemkab PPU. Adapun tema yang diangkat dalam pelaksanaan turnamen gelaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU ini ialah “Bersama Membangun Serambi Nusantara Menuju Masyarakat Madani”.

“Sesuai dengan arahan Pj Bupati, Kita selenggarakan beberapa event atau kegiatan yang melibatkan masyarakat, terutama di bidang olahraga dan seni,” ucapnya usai pembukaan.

Nicko juga mengungkapkan bahwa bagian penting dari perayaan ulang tahun PPU ini adalah rasa syukur atas usia yang ke-22 tahun. Sebab masyarakat PPU akan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan.

Dalam hal ini, lanjutnya, Pemkab PPU memang sengaja menjauhkan kegiatan yang sifatnya hura-hura. Dengan lebih mendorong kegiatan yang bersifat seni dan olahraga.

Baca Juga:   Promosikan VLR SDGs Nusantara di Thailand, Otorita IKN Berbagi Pengalaman pada Komunitas Global

“Ini awal kegiatan yang kita lakukan yang nantinya akan dilanjutkan oleh teman-teman dari KONI,” sebutnya.

Harapannya event-event seperti ini bisa berlanjut, tidak hanya pada perayaan HUT PPU saja. Akan tetapi pada momen peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan lainnya.

Untuk semua kegiatan dalam perayaan ini, sambung Nicko, pihaknya meminimalkan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Hal ini sesuai dengan arahan langsung kepala daerah.

Jadi sebagian dari partisipasi OPD, juga ada sumbangan dari perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

“Pada prinsipnya arahan Bupati memang kita seminim mungkin menggunakan anggaran pemerintah daerah,” jelas Nicko.

Dalam rangkaian turnamen ini, ada beberapa sarana olahraga yang dibangun pemerintah daerah tetapi terbengkalai. Hal ini yang menjadi prioritas pemerintah yang harus dibenahi dan OPD yang masih memakai fasilitas gedung olahraga akan segera dicarikan tempat.

“Jadi PR kita masih banyak di usia ke-22 kabupaten kita, jelas bahwa infrastruktur menjadi persoalan yang mendasar tapi kita sudah mulai, ditambah lagi peningkatan SDM menjadi kuncinya,” ungkap Nicko.

Baca Juga:   Hetifah Minta Pemkab PPU Perkuat Penerapan Muatan Lokal Bahasa Daerah di Sekolah Lewat Perda

Sementara itu, Kepala Disdikpora PPU Andi Singkeru mengatakan dalam pelaksanaan turnamen ini, ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan. Yakni bola voli, bola basket dan tenis lapangan.

Untuk bola basket diikuti oleh 20 tim tingkat pelajar SMA Sementara untuk bola voli diikuti 18 klub putra serta 18 klub putri tingkat umum, dan 15 pasang untuk tenis lapangan.

“Alhamdulillah beberapa kegiatan sudah terlaksana, saya berharap melalui semangat olahraga bisa meningkatkan rasa kebersamaan dan menjunjung tinggi sportivitas,” tutupnya. (ADV/DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER