spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pembangunan Istana Presiden Sudah Mulai

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Basuki menyebut pembangunan istana presiden sudah berproses.

“Sore ini saya Basuki Hadimuljono menteri PUPR bersama para mitra, para dirjen berada di tapak Istana Nusantara kita. Sekarang sudah berposes, keren,” katanya, dikutip dari Instagram Kementerian PUPR, Sabtu (18/2/2023).

Menurut Basuki, pemerintah tetap memegang pedoman untuk membangun IKN Nusantara dengan konsep smart forest city. Ia yakin hal tersebut akan terwujud. “Kita tetap memegang pedoman kita akan membangun Nusantara sebagai smart forest city. Insyaallah akan dapat kita wujudkan tahun-tahun yang akan datang,”tuturnya.

Di akhir video, Basuki menyebut rencana Indonesia memiliki ibu kota baru akan segera terwujud.”Bismillah, mudah-mudahan niat kita mempunyai ibu kota baru akan terwujud segera,” ujar Basuki yang diamini orang-orang di sekitarnya.

Sebagai informasi, Istana negara di IKN itu terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Berdasarkan pantauan detikcom, Jumat (13/1/2023) kawasan yang akan dibangun di istana negara baru sampai tahapan pembentukan lahan.

Baca Juga:   Lagi, Kunjungi Mentawir, Jokowi Pastikan IKN Tidak Merusak Hutan

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan luas dari kawasan istana presiden sendiri sebesar 50 hektare. Nantinya akan ada lokasi embung air, lapangan upacara, botanical garden, kantor presiden, hingga Istana Negara.

“Luasnya ini hampir 50 hektare kawasan istana presiden, di balik sana botanical garden 50 meter di belakang setpres, nyambung dengan ini 100 ha ke utara sana,” ungkap Danis, di kawasan Istana Negara IKN, Kalimantan Timur.

Danis mengatakan untuk pembangunan lapangan upacara ditargetkan bisa cepat selesai pada 2024. Dengan begitu upacara negara saat 17 Agustus 2024 juga bisa dilaksanakan di kawasan istana negara di IKN.

Pemerintah menganggarkan Rp 3,4 triliun untuk membangun gedung Istana Negara dan gedung Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Gedung itu akan dibangun di Kawasan Istana Kepresidenan IKN. (hns/hns/dtc)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER