spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pasca Lebaran, Harga Sayuran di PPU Masih Tinggi

PPU – Pasca Lebaran, harga komoditas daging di Penajam Paser Utara (PPU) sampai saat ini cenderung turun dan stabil. Namun, kenaikan harga justru terjadi pada sayuran hijau.

Dari pantauan RadarIbuKota (MediaKaltimGroup), terjadi kenaikan signifikan pada sayuran seperti sawi, kangkung, bayam, kol, dan beberapa jenis sayuran lainnya. Salah satu pedagang sayur di Pasar Petung, Rahman, mengungkapkan bahwa harga sayuran jenis sayuran hijau mengalami kenaikan berkisar dari Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

“Kenaikan terjadi pada sayur hijau seperti bayam dan sawi, harga kemarin satu ikat hanya Rp 10.000 sekarang sudah menjadi Rp 15.000,” ujarnya pada Rabu (10/5/2023).

Menurutnya, kenaikan hanya terjadi pada komoditas sayuran hijau saja, sedangkan harga daging ayam cenderung normal kembali.

Pada saat menjelang Lebaran, daging ayam dibanderol dengan harga Rp 45.000 per kilogramnya. Namun, harga tersebut kini turun menjadi Rp 32.000 per kilogram.

“Harga daging ayam malah turun pasca lebaran ini, yang awalnya Rp 45.000 menjadi Rp 32.000,” ucapnya.

Baca Juga:   Polres PPU Beri Dukungan Petani PPU Jaga Ketahanan Pangan Daerah

Penurunan harga juga terjadi pada komoditas cabai. Harga cabai yang sebelumnya sempat naik kini cenderung stabil di harga Rp 35.000 per kilogramnya.

Rahman bersama para pedagang lainnya berharap agar persoalan harga ini dapat segera stabil agar tidak memberatkan baik bagi pedagang maupun konsumen yang membeli.

Pasalnya, jika harga terus naik maka harga makanan siap saji juga akan ikut meningkat. “Mudah-mudahan harga pasar ini bisa stabil, terutama untuk sayuran hijau, agar tidak ada yang merugi,” tutupnya. (NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER